Keseruan Belajar Sambil Bermain di SMP IT BIU

Belajar sambil praktik merupakan hal yang cukup efektif diterapkan sekolah untuk anak didiknya. Cara belajar ini bisa membuat anak didik tidak merasa bosan belajar. Banyak sekolah menerapkan metode tersebut agar proses belajar mengajar bisa berlangsung efektif juga menyenangkan.

Metode tersebut ditetapkan SMP IT Bina Insan Unggul (BIU), setiap semesternya  sekolah yang mempunyai konsentrasi pada ilmu agama dan sains ini mengadakan kunjungan belajar atau field trip ke beberapa lokasi yang berhubungan dengan sains maupun agama.

Di semester kali ini, SMP IT BIU mengajak anak didiknya berkunjung ke SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) Tanjungsari, Sumedang Jawa Barat.

Seluruh siswa kelas VII dilibatkan dalam kegiatan ini. Di sana mereka mengunjungi beberapa tempat menarik seperti berbagai macam jenis perkebunan, pertanian tanaman pangan hortikultura, peternakan dan perikanan.

Dalam kunjungannya, mereka dibimbing dan dikenalkan berbagai jenis tanaman, nama latin tanaman, cara menanam, dan  mengembangbiakan tanaman. Tidak hanya itu, anak-anak pun diajak berkunjung ke peternakan sapi dan kambing. Lalu mereka pun dikenalkan berbagai jenis pupuk, cara mengolah pupuk, cara membuat pupuk alami dari kotoran hewan. Usai itu, anak-anak diajak untuk melihat cara pembuatan saos tomat dan ubi,  pembuatan keripik ubi,  roti dan pembuatan yogurt.

Menurut Leni selaku Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum SMP IT BIU, alasan sekolah memilih kunjungan ke tempat tersebut dikarenakan kunjungan tidak memakan banyak dana namun representatif menunjang belajar anak untuk mempelajari lebih dalam ilmu biologi.

“Senang sekali melihat anak-anak aktif dan antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka seperti mengenang masa kecil mereka yang sebelumnya tinggal di pedesaan,” ungkapnya, Sabtu (29/11).

Ia mengatakan, jika pihak sekolah ingin menciptakan metode belajar seefektif dan semenarik mungkin untuk anak didiknya. Melalui kunjungan ini diharapkan anak-anak dapat lebih menyerap pelajaran dan dapat mengaplikasikan langsung di kemudian hari.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend