Keterbatasan Ekonomi Tak Halangi Rika Raih Prestasi di Usia Belia

Keterbatasan Ekonomi Tak Halangi Rika Raih Prestasi di Usia Belia

Segudang piala terpajang di rumahnya yang sederhana di Jalan Batu Piring, Gang Buntu, Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Hal itu terlihat saat pertama kali tim relawan Rumah Yatim Area Kalimantan datang berkunjung. Piala dari ukuran kecil hingga besar, serta puluhan lembar sertifikat prestasi tersusun rapih dan apik.

Piala-piala tersebut merupakan hasil kerja keras Rifa’atul Kamila atau akrab disapa Rika. Sejak duduk di bangku sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga kini kelas lima sekolah dasar, prestasi Rika terus meningkat. Padahal, ia tidak seberuntung rekan-rekannya yang lain yang berkecukupan secara ekonomi dan keluarga.

Raihan prestasi Rika tidak terlepas dari dukungan sang ibu yang saat ini menjadi orangtua tunggal bagi Rika. Seluruh piala yang didapatkan Rika diraihnya dari sejumlah perlombaan di bidang seni. Seperti mewarnai, menggambar, berpuisi, dan lainnya.

Menurut pemaparan sang ibu, kesehariannya saat ini hanya bekerja serabutan tidak menentu. Hal itu demi memenuhi kebutuhan harian dan pendidikan Rika. Namun, ia juga terbantu karena Rika kerap meraih juara dalam bidang perlombaan yang diikutinya.

“Alhamdulillah ada aja rezeki, selain banyak tetangga yang baik biasanya dapat dari prestasinya jadi ada buat uang jajannya,” tutur ibunda Rika, Kamis (5/12).

Ia mengungkapkan, saat ini sang anak sedang fokus dalam mendalami puisi. Bahkan, kebolehannya saat ini sudah menjadi modal dalam mengikuti beberapa perlombaan yang diikutinya. Dirinya terus mendukung keinginan dan hobi sang anak untuk menjadi bekal masa depannya.

“Kalau tidak berprestasi nanti gak punya bekal, beli perlengkapan sekolah dan lain-lain, walaupun banyak yang simpati tapi harus mulai terbiasa dan mandiri,” tuturnya.

Kedatangan relawan Rumah Yatim Kalimantan untuk memberikan apresiasi dan dukungan kepada Rika. Hal tersebut direalisasikan dalam bentuk pemberian beasiswa prestasi. Agar, kelak Rika bisa terus meningkatkan prestasinya dan memberikan kebanggaan bagi sang ibu.

“Allhamdulillah dari segi belajarnya juga rajin, pas kami ke sana juga anak ini lagi belajar, padahal baru saja pulang sekolah,” kata Ricky Setiawan, relawan Rumah Yatim Kalimantan, saat diwawancarai di waktu yang berbeda.

Ia juga berharap bantuan yang diberikan Rumah Yatim bisa mengurangi beban keluarga Rika. Khususnya dalam kebutuhan pendidikannya dan kesehariannya. Selain itu, bantuan ini juga merupakan bentuk kepedulian Rumah Yatim terhadap anak-anak kurang mampu yang berprestasi.

“Semoga orangtua yang hanya berjuang sendiri ini terus diberikan kelancaran, kesehatan, dan semangat. Untuk Rika juga terus semangat berjuang, pertahankan, dan tingkatkan prestasi,” tuntasnya.

 
Jurnalis: Calam Rahmat
Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend