Keterbatasan MCK di Sungai Jingah, Rumah Yatim Salurkan Bantuan Sarana Publik

Keterbatasan Sarana Publik Kebersihan di Sungai Jingah, Rumah Yatim Salurkan Bantuan

Keluhan terhadap kebutuhan adanya sarana publik untuk mandi, cuci, kakus (MCK) cukup dirasakan oleh masyarakar di Jalan Sungai Jingah RT 17, Kelurahan Surgi Mufti, Kemacatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Hal ini dikarenakan, mayoritas warga di lingkungan tersebut tidak memiliki MCK yang layak akibat kondisi ekonomi yang kurang.

Menurut informasi yang didapatkan jurnalis Rumah Yatim, warga di lingkungan tersebut sudah lama ingin membuat WC umum. Namun, hingga saat ini belum terlaksana karena minimnya biaya.

“Karena minimnya dana desa dan minimnya iuran warga,” ungkap Lingga, Relawan Rumah Yatim Banjarmasin.

Selain itu Lingga mengungkapkan, kebutuhan sarana publik MCK ini untuk mempermudah warga Sungai Jingah dalam memenuhi kebutuhan kebersihan. Seperti untuk buang air besar, mandi, dan kegiatan lainnya. Selain itu, tambah Lingga, keterbatasan memiliki WC pribadi cukup dirasakan di wilayah yang termasuk padat penduduk ini.

Melihat hal tersebut, Rumah Yatim Banjarmasin memberikan bantuan pembuatan sarana publik MCK. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua RT 17, Ahmad. Lingga mengungkapkan, warga setempat antusias dan secara bersama sama membuat sarana publik MCK tersebut.

“Harapannya semoga bisa meringankan beban warga yang rata ratanya masih kekurangan,” ungkapnya.







Penulis : Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend