Ketersediaan Kitab di Ponpes Riyadussubhan Minim, Puluhan Kitab Telah Disalurkan

Ketersediaan Kitab di Ponpes Riyadussubhan Minim, Puluhan Kitab Telah Disalurkan

Dibalik bangunan lapuk berdinding bilik bambu itu ada 35 santri yang bermukim di pondok pesantren Riyadussubhan yang berlokasi di Kampung Cigarukgak, Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara, Lebak, Banten. Puluhan santri ini tengah berlomba-lomba untuk memperbanyak hafalan. Namun selain bangunan pondok yang sudah tidak layak, ternyata sarana Kitab yang tersedia juga masih sangat minim.

“Pesantren ini sudah masuk program di donasi online. Anak-anak disana memang membutuhkan kitab untuk pembelajarannya karena disana sangat kekurangan,” terang Ali Ridwan selaku Relawan Rumah Yatim.

Untuk itu, Rumah Yatim tengah menggalang dana melalui donasionline.id untuk bantuan renovasi bangunan pesantren dan pemenuhan aktivitasnya. Pada Jum’at (17/7) lalu, Tim Rumah Yatim Regional Jabodetabek mengunjungi Ponpes tersebut untuk menyerahkan bantuan puluhan kitab dan bahan kebutuhan pokok.

Ali menjelaskan, bantuan kitab ini diserahkan untuk menunjang kebutuhan pembelajaran para santri, terutama dari segi kegiatan tahfidz. Untuk itu, sebanyak 65 Alquran dan hadis diserahkan untuk mendukung semangat belajar mereka.

“Untuk pembelajaran disana memang sangat kekurangan kitab. Maka dari itu, kita support dan kita penuhi kitabnya,” ujarnya.

Adapun dengan penyerahan bantuan kebutuhan pokok itu sendiri, tambah dia, kondisi para santri pula berasal dari keluarga dhuafa yang saat ini tidak dipungut biaya untuk menimba ilmu di pesantren tersebut. Untuk itu, menurut informasi dari pengurus pesantren, saat ini kebutuhan pangan adalah hal yang sangat urgent.

“Kebanyakan keluarga santri saat ini terkena efek pandemi, jadi ga ada yang mengirimkan bekal karena banyak yang kekurangan. Jadi hampir semua yang mereka butuhkan itu adalah pangan untuk kebutuhan sehari-hari,” paparnya

Ali berharap, bantuan yang diserahkan ini dapat membantu mencukupi kebutuhan pokok para santri dan memicu semangat mereka untuk lebih giat menghafal Alquran.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend