Kini Santri Ponpes Jam’iyyatul Muta’alimin Miliki Fasilitas MCK Yang Nyaman

Kini Santri Ponpes Jam'iyyatul Muta'alimin Miliki Fasilitas MCK Yang Nyaman

Akhir Juni 2020 kemarin, Rumah Yatim Area Jabar memberikan bantuan sarana MCK bagi Pondok Pesantren Jam’iyyatul Muta’alimin yang terletak di Kampung Warga Saluyu RT 03 RW 15, Kelurahan Cisomang Barat, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya sarana MCK di ponpes tersebut terbilang belum cukup layak Setelah hampir tiga pekan pelaksanaan pembangunan sarana MCK tersebut, kini sudah mulai digunakan oleh para santri.

Pengurus ponpes, Permana mengaku bersyukur pembangunan toiletnya lancar dan cukup cepat. “Alhamdulillah per tanggal 13 Juli 2020 sudah mulai digunakan oleh para santri, mereka senang, karena toiletnya sekarang bagus dan nyaman,” ungkapnya, Selasa (21/7).

Sebelumnya, kata dia, toilet yang tersedia hanya empat unit dan tidak layak. Sebab, hanya terbuat dari bahan seadanya. “Santri kami kan bertambah, dari 26 jadi 40 anak, jadi seringnya para santri mengantre jika akan menggunakan toilet, sekarang Alhamdulillah ada tambahan dua unit dari Rumah Yatim,” tambahnya.

Hal itu karena biaya yang dimiliki Ponpes sangat terbatas. Diketahui, para santri di Ponpes ini tidak dipungut biaya sama sekali, terkhusus anak yatim dan dhuafa. “Kami gratiskan khusus yatim dhuafa, namun bagi mereka yang cukup mampu bisa infak seikhlasnya, tidak dipatok,” ungkap Permana.

Ia melanjutkan, di Ponpes ini ada 16 pengajar dan 160 santri. Hanya saja, sambung dia, yang tinggal di asrama hanya 40 santri, karena keterbatasan sarana. “Santri yang tinggal di asrama, kami pilih yatim dhuafa yang benar-benar membutuhkan, bahkan orangtuanya saja sudah menyerahkan, karena tidak sanggup membiayainya,” paparnya.

Permana menyampaikan, sebetulnya asrama dan tempat belajar santri juga belum layak, bahkan terkadang para santri tidur di ruang kelas. “Harapannya, di kemudian hari ada bantuan lagi untuk pembangunan asrama santri. Terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memperhatikan santri kami,” tutupnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

Redaktur: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend