Kisah Asi Penjual Kangkung Bertahan Hidup di Usia Senja

Kisah Asi Penjual Kangkung Bertahan Hidup di Usia Senja

Seumur hidupnya, Asi (60) belum pernah menikah. Ia tidak pernah merasakan memiliki suami dan anak. Hingga kini, dirinya hidup seorang diri. Yang ia punya hanya satu orang saudaranya dan sudah meninggal beberapa tahun lalu. Saat ini Asi menumpang hidup di rumah istri saudaranya itu.

Sehari-hari, dirinya bekerja sebagai pencari kangkung yang kemudian dijual. Penghasilan yang didapat dalam satu hari berkisar Rp 5.000-15.000.  Namun, karena keterbatasan fisik dan kesehatan Asi tidak jarang hanya bisa berdiam diri di rumah dengan tidak bekerja. Namun demikian, Asi selalu bersyukur hasil kerja kerasnya bisa untuk makan.

“Kadang kalau lagi sakit, ibu Asi tidak bisa bekerja, jadi hanya mengandalkan saudaranya itu,” ungkap Maria Ulfa, Relawan Rumah Yatim Cabang Nusa Tenggara Barat.

Akan tetapi, Asi terus bersemangat untuk bisa bekerja agar kebutuhan makanannya terpenuhi. Karena, walaupun fisiknya sudah tidak maksimal dirinya tidak ingin mengandalkan pemberian orang lain maupun sanak saudaranya.

Melihat kondisinya itu, Rumah Yatim memberikan program bantuan biaya hidup bagi Asi, Sabtu (11/7). Selain dia, ada puluhan lansia lainnya di Lingkungan Mapak Dasan, Kel. Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, yang menerima bantuan serupa. Ulfa berharap, bantuan dari Rumah Yatim ini bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup para lansia di Mataram. Selain itu, agar para lansia terus semangat jalani hidup walau dalam keterbatasan.

Hingga pekan kedua Juli 2020, Rumah Yatim telah memberikan bantuan sedikitnya kepada 2.035 mutahik di 20 provinsi Indonesia. Bantuan tersebut terealisasi dalam sejumlah bentuk diantaranya ialah bantuan pangan, pendidikan, sarana publik, biaya hidup, peduli sesama, serta bantuan lainnya. Seluruh bantuan yang tersalurkan pula merupakan amanah atau titipan dari para donatur Rumah Yatim.

 

 

 

Penulis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend