Kondisi Membaik, Haikal Harap Bisa Sekolah Lagi

Kondisi Haikal Saputra sudah semakin membaik, terhitung dari 14 September lalu. Salah satu anak asuh Rumah Yatim Cabang Kedaton Lampung ini sudah dipulangkan dari Rumah Sakit Gatot Subroto, Jl. Abdul Rahman Saleh No. 24, RT 6/RW 1, Senen, Kota Jakarta Pusat ke Asrama Rumah Yatim Kedaton.

Kondisi Haikal di RS Gatot Subroto semakin hari semakin membaik. Sehingga yang awalnya pihak dokter akan melakukan tindakan tes sumsum tulang atau bone marrow puncture (BMP) dan kemoterapi, kini membatalkan kedua proses tersebut.

“Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari para pengurus, anak asuh, warga sekitar dan donatur, Haikal bisa diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit, Jazakallah atas doanya,” ungkap Kepala Asrama Rumah Yatim Kedaton, Rabu (26/9).

Ia mengatakan, jika dengan pulangnya Haikal bukan pertanda anak asuhnya sudah sembuh. Haikal tetap diberikan obat oleh dokter. “Haikal diberi obat untuk sebulan, obat ini di minum sehari tiga tablet dengan satuan harga per tablet 400 ribu,” tambahnya.

Obat tersebut mesti dikonsumsi Haikal sampai kadar gen BCR-ABL menurun dan tidak terdeteksi di dalam tubuh Haikal. BCR-ABL adalah protein abnormal yang memerintahkan sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel kanker darah putih abnormal.

“Haikal tidak boleh absen meminum obat, jika obat habis maka kami mesti segera membelinya, karena jika tidak rutin atau berhenti minum obat, jumlah sel darah putih yang abnormal bisa bertambah banyak,” paparnya.

Meski harga obat pertablet tidaklah murah, Hendi tidak akan menyerahkan untuk menyembuhkan anak asuhnya tersebut. Ia akan terus berjuang untuk menyembuhkan Haikal.

“Penyakit yang diderita Haikal yakni Leukemia jenis CML atau HBL sangat berbahaya bahkan jika pasien tidak kuat menjalani beberapa tindakan seperti BMP dan kemo bisa saja mengalami kematian. Kondisi Haikal sekarang sudah membaik, maka kami mesti berjuang untuk kesembuhan Haikal. Ia sudah semangat sembuh maka kami wajib untuk membantunya. Haikal ingin sembuh supaya bisa menggapai cita-citanya. Semoga ia bisa sembuh total dan bisa kembali bersekolah,” terangnya.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend