Korban Jiwa Tsunami Sulteng Bertambah Hingga 1.558 Jiwa

Jumlah korban meninggal dalam bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah semakin bertambah. Dari hasil data yang disampaikan Kepala Pusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis (4/10) pukul 17.00 korban meninggal dunia mencapai 1.558 jiwa.

Menurut pemaparan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, data tersebut sesuai dari hasil yang diperoleh petugas tanggap bencana di lapangan. Bahkan, dari data lain jumlah korban luka-luka mencapai 2.549 orang. Seluruhnya, kata dia, telah mendapat penanganan oleh tim medis di sejumlah rumah sakit.

“Di rawat di rumah sakit, sebagian juga di rawat di luar Palu, seperti Makassar,” papar Sutopo, dalam Konferensi Pers Update Tanggap Bencana, di Graha BNPB, Kamis (4/10) siang.

Ia menambahkan, pendataan masih terus dilakukan. Baik melalui satelit dengan resolusi tinggi maupun dengan menggunakan survei lapangan. Data tersebut dipastikan masih akan terus bergerak secara dinamis.

Kendati demikian, prioritas penanganan darurat terus dilakukan sampai hari ini. Bahkan petugas tanggap bencana yang berjumlah sekitar 67 ribu orang melanjutkan evakuasi korban. Selain itu, sejumlah penanganan dilakukan. Di antaranya penanganan medis di rumah sakit lapangan dan penanganan jenazah.

Di sisi lain, BNPB beserta sejumlah instansi dan relawan tanggap bencana sudah mulai melakukan percepatan pemulihan infrastruktur. Meliputi jalan, listrik, pelabuhan, bandara, telekomunikasi, dan penyediaan BBM (Bahan Bakar Minyak), serta lainnya.

“Dari hari ke hari sudah lebih baik, termasuk komunikasi. dan pencarian korban masih terus di lakukan di titik lain,” ungkapnya.

Sumber: sindonews.com

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend