Korban Longsor Bandung Barat Membutuhkan Bantuan Logistik dan pangan

Korban Longsor Bandung Barat Membutuhkan Bantuan Logistik dan pangan

Ratusan warga harus mengungsi akibat longsor yang terjadi di Kampung Hegarmanah, RW 04 Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung, pada Selasa (11/2) malam. Kejadian longsor ini diakibatkan tersumbatnya aliran air yang mengakibatkan pergeseran tanah.

Menurut Ketua RW 04 Wahyudin, sebanyak lima rumah mengalami rusak parah dan satu rumah tertimbun tanah longsor. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya saja sejumlah keluarga harus mengungsi.

“Alhamdulillah tidak ada korban, karena pada saat kejadian informasi cepat kami dapatkan dari warga yang di atas kemudian kami infokan ke warga sini dengan cepat,” tuturnya, saat diwawancarai jurnalis Rumah Yatim, Rabu (12/2).

Ia menjelaskan, saat ini masyarakat di RW 04 masih was was ditakutkan longsor susulan akan terjadi. Karena hingga Rabu petang curah hujan masih tinggi. Namun, kata dia, dirinya sudah menghimbau kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak menempati rumah.

“Sekitar radius 200 meter dari ujung longsor, warga saya intruksikan untuk tinggal di tempat lain, yang lebih aman,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 80 Keluarga atau sekitar 200 jiwa diintruksikan untuk mengungsi. Karena dikhawatirkan longsor  susulan bisa menerjang permukiman warga yang jaraknya sangat dekat.

Hingga saat ini, kata Wahyudin, kebutuhan bagi warga meliputi logistik makanan, makanan siap saji, pakaian layak pakai, dan air bersih. Selain itu, hingga saat ini proses penanganan material longsor masih dilakukan pihak setempat.

“Kami sangat menerima apapun itu bantuannya yang terpenting meringankan warga.” Pungkasnya

 

Jurnalis : Calam Rahmat 
Redaktur : Dila Nurfadila 

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Powered by

Send this to a friend