Krisis Air Bersih di Dusun Telaga Wareng, Rumah Yatim Salurkan Bantuan

Pasca terjadinya gempa di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8) lalu, beberapa wilayah mengalami krisis air bersih. Oleh karena itu, Rumah Yatim menyalurkan bantuan sarana air bersih berupa toren air untuk masyarakat terdampak gempa yang berada di pengungsian di Dusun Telaga Wareng, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Kamis (16/8).

Sebelumnya, Rumah Yatim telah menyalurkan sejumlah bantuan Dusun Telaga Wareng pada beberapa waktu lalu. Pada kesempatan ini, Rumah Yatim kembali memberi bantuan karena dusun tersebut sedang dilanda krisis air bersih. Sehingga saat ini sedang membutuhkan kebutuhan mendesak yaitu sarana air bersih dan MCK.

Selain itu, menurut tim relawan Rumah Yatim, Abdullah mengungkapkan, nantinya sarana air bersih tersebut akan digunakan ratusan warga pengungsian untuk kebutuhan mandi, wudhu, air minum, memasak dan kebutuhan lainnya. Sehingga bantuan sarana air bersih ini bisa dimanfaatkan oleh para warga.

“Bantuan sarana air ini kebutuhan mendesak, lokasinya berdampingan dengan tenda pengungsian,” katanya, saat diwawancarai Kamis (16/8).

Sejak terjadinya gempa, masyarakat di evakuasi ke tempat yang lebih aman. Hingga saat ini pun, pengungsian menjadi tempat ternyaman untuk sementara waktu, meskipun harus merasakan sesak setiap harinya. Masyarakat pun tidak memiliki pilihan lain selain menempati tenda pengungsian yang dihuni ratusan kepala.

Menurutnya, masyarakat masih menanti bantuan dari sejumlah pihak, terutama pemerintah daerah dalam penanganan tanggap darurat bencana. Terlebih para warga sangat mengharapkan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah tersebut.

Kendati demikian, bantuan ini diharapkan dapat membantu para warga terdampak gempa dalam memenuhi kebutuhan mendesaknya yaitu berupa air bersih. Karena air bersih merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend