Kultum Kisah Sahabat, Isi Waktu Luang Anak Asuh Banjarbaru di Tengah Pandemi

Kultum Kisah Sahabat, Isi Waktu Luang Anak Asuh Banjarbaru di Tengah Pandemi

Kegiatan diniyah keasramaan terus ditingkatkan untuk mengisi waktu di tengah pandemi corona yang sedang merebak. Itulah yang dilakukan oleh anak asuh Rumah Yatim Banjarbaru lewat salah satu kegiatan diniyahnya, Kultum. Kegiatan ini rutin dilakukan dan dibawakan oleh anak asuh.

Menurut pemaparan Kepala Asrama Rumah Yatim Banjarbaru Indra Abdullah, kegiatan Kultum dilakukan ba’da subuh setelah dzikir Al-Ma’surat. Materi yang disampaikan diantaranya ialah kisah kisah sahabat Rasulullah dan kisah islami lainnya.

“Ini dilakukan secara bergantian, pengisinya anak asuh sendiri,” imbuhnya, saat diwawancarai, Jumat (9/4).

Ia menjelaskan, walaupun anak asuh yang memberkan materi tetap dalam pengawasan dirinya sebagai kepala asrama. Kegiatan ini pula menjadi salah satu upaya untuk melatih anak asuh agar percaya diri.

“Melatih setiap anak asuh untuk bisa berbicara di depan orang banyak melatih kepercayaan diri mereka,” ucapnya.

Ia berharap anak asuh dalam setiap kegiatannya bisa memahami materi yang disampaikan temannya. Agar, bisa mempraktikan setiap kisah yang berkolerasi dengan kehidupan sehari hari. Intinya, kata dia, bisa meneladani setiap karakter sahabat Rasulullah.

“Sehingga bisa menjadi inspirasi bagi mereka untuk tetap istiqomah dan lebih semangat, terutama saat ini sedang adanya wabah virus corona yang mengharuskan anak anak tetap di asrama,” ungkapnya.

 

 

Jurnalis : Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend