Lansia di Kabupaten Probolinggo Terima Santunan Biaya Hidup

Bukan hanya memberikan bantuan dan merealisasikan program di Kota Surabaya. Rumah Yatim Cabang Surabaya pula memberikan penyaluran bantuan untuk masyarakat prasejahtera di Kabupaten Probolinggo. Bantuan ini berupa santunan biaya hidup bagi masyarakat prasejahtera di Kelurahan Jangur, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Berjarak tidak kurang dari 152 kilometer dari Kantor Kas Rumah Yatim Cabang Surabaya tidak menjadikan alasan untuk tidak memberikan bantuan. Bahkan, tim relawan Rumah Yatim Cabang Surabaya harus menempuh perjalanan darat selama hampir empat jam lamanya, Rabu (19/9).

Menurut penjelasan Kepala Cabang Rumah Yatim Surabaya, Agus Muhammad Yusuf, daerah tersebut didapatkannya dari salah satu database di dunia maya. Bahkan, data yang dilihatnya tersebut merupakan wilayah yang paling banyak kemiskinannya di tahun 2016-2017. Salah satunya, daerah yang mendapat bantuan program santunan biaya hidup.

“Karena awalnya amanah Rumah Yatim itu cabang Jawa Timur, jadi saya ingin bantuan merata tiap kabupaten walaupun hanya satu program tiap kabupaten,” ujarnya, saat dimintai keterangan oleh jurnalis, Kamis (20/9).

Sebanyak 23 orang menerima santuan biaya hidup Rumah Yatim Cabang Surabaya. Seluruh penerima santunan biaya hidup di Kabupaten Probolinggo sendiri merupakan lansia dan janda prasejahtera. Data tersebut, kata dia, bentuk spontan dari hasil blusukan tim relawan di daerah tersebut.

“Sudah banyak perubahan memang di sana (Probolinggo) tapi di kotanya, kalau kami tim relawan menyisir ke kampungnya,” kata dia.

Agus berharap, bantuan yang diberikan bisa memberikan keringanan bagi masyarakat penerima santunan biaya hidup. Apalagi, saat tim relawan datang beberapa dari penerima santunan tidak berdaya dalam kondisi sakit di dalam rumahnya. Besar kecilnya bantuan, kata dia, mudah-mudahan tidak menjadi ukuran kebahagiaan masyarakat prasejahtera tersebut.

“Semangat untuk hidupnya, semoga senang dengan kedatangan kami dari Surabaya, dan sebagai sesama muslim harus saling memperhatikan,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend