Lansia Jadi Tulang Punggung Keluarga, Rumah Yatim Beri Bantuan

Lansia Jadi Tulang Punggung Keluarga, Rumah Yatim Beri Bantuan

Berlokasi di kampung Budi Asih, RT 02 RW 07, Desa Gunung Leutik, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, sebuah bangunan tua berwarna merah muda dengan dinding yang sudah mulai rapuh itu menjadi tempat berteduh Keluarga Ibu Omah, lansia 60 tahun bersama suami dan anak angkatnya. Di usia senjanya, dengan terpaksa Ia harus menjadi tulang punggung keluarga demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Omah, begitulah sapaan akrabnya. Sejak empat bulan lalu, suaminya mengalami sakit stroke ringan dan penyakit diabetes, sehingga hanya mampu terbaring lemah di atas tempat tidur. Kondisinya diperburuk dengan Ia yang harus membiayai anak angkatnya bernama Ujang (12).

“Dia seorang Ibu Rumah Tangga yang mana dia hanya bisa mengais rezeki menjadi buruh cuci tetangga. Kehidupan sehari-hari awalnya dari suaminya yang bekerja sebagai buruh becak, sekarang sudah membiayai Ujang sampai usia 12 tahun,” tutur Staf Pemberdayaan Rumah Yatim area Jawa Barat, Irwan Alfaruk.

Namun, sejak suami nya sakit, mau tidak mau Ibu Omahlah yang harus banting tulang bekerja menjadi buruh cuci. Lansia tersebut bekerja apabila ada tetangganya yang membutuhkan tenaga Ibu Omah. Bahkan penghasilan yang diterima tidak menentu.

Mengetahui kondisi tersebut, Rumah Yatim area Jawa Barat menyalurkan bantuan biaya hidup bagi keluarga Ibu Omah, pada Kamis (12/3) lalu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari nya.

 

 

 

Jurnalis : Tanti Sugiharti
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend