Layanan Kesehatan Rumah Yatim Bagi Korban Banjir Bandang Bandung

Pasca banjir bandang yang menerjang empat kecamatan di Kota Bandung. Tim Rumah Yatim Area Jawa Barat datang mengunjungi lokasi korban banjir di Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Kamis (22/3). Kunjungan ini guna memberikan bantuan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Sejumlah keluhan penyakit datang dari para korban banjir bandang. Sebagian besar masyarakat mengeluhkan penyakit gatal, luka-luka, serta penyakit kulit lainnya. Hal ini, karena warga korban banjir bandang tetap memilih untuk bertahan di rumah. Untuk membersihkan sisa genangan lumpur yang masuk ke dalam rumah.

Menurut pemaparan Kasie Pemberdayaan Rumah Yatim Jawa Barat Solehudin, pemberian layanan kesehatan ini merupakan hasil survei sehari setelah kejadian. Temuan di lapangan, kata Solehudin, bukan hanya bantuan pokok saja yang dibutuhkan.

“Bantuan pokok memang diperlukan, tetapi mereka sangat butuh pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk tahap awal ini Rumah Yatim Jawa Barat baru bisa menjangkau satu kelurahan dari empat kecamatan yang dilanda banjir bandang. Hal ini karena, kata dia, masyarakat di wilayah tersebut terbilang cukup parah dan banyak masyarakat yang mengeluhkan penyakit. “Tidak menutup kemungkinan di daerah lain juga ada, tapi kami akan laksanakan di sini dulu,” paparnya.

Selain itu, hasil pantauan jurnalis Rumah Yatim, dari sejumlah pasien yang berobat. terdapat anak-anak dan balita yang terkena penyakit kulit. Hal ini karena, anak-anak di daerah tersebut tetap beraktivitas walaupun genangan lumpur masih ada di sekitaran rumah.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-03-23 07:17:22

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend