Lewat Mabit, Rumah Yatim Cetak Pemimpin Berakhlakul Karimah

Lewat Mabit, Rumah Yatim Cetak Pemimpin Berakhlakul Karimah

Anak asuh Rumah Yatim Asrama Kiaracondong dan Cemara mengadakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Asrama Cemara, Jalan Cemara No. 23, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung. Kegiatan ini juga hanya dikhususkan bagi anak asuh yang duduk di kelas sembilan hingga menengah atas.

Menurut penjelasan pengasuh asrama Rumah Yatim, Siti Nur Azizah, kegiatan yang dilaksanakan meliputi muhadoroh, dan ceramah singkat (Cekat). Melalui kegiatan ini, hal yang ditekankan meliputi sejumlah aspek. Di antaranya aspek perkembangan karakter anak, aspek sosial emosional, kognitif, bahasa, dan spiritual.

Pada kegiatan ini juga yang berperan aktif didominankan kepada anak asuh. Hal ini dilakukan agar anak asuh bisa merasakan makna setiap kegiatan atau agenda yang disiapkan. Pada kegiatan tersebut juga ada sejumlah penampilan perorangan bagi anak asuh. Melalui kegiatan Cekat, anak asuh dituntut membawakan materi pengetahuan keagamaan.

“Karenanya dalam kegiatan Mabit ini bukan hanya saya yang berperan aktif ‘teacher center’ melainkan anak yang lebih berperan aktif ‘student center’,” papar Azizah -sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini ialah untuk mengevaluasi pengetahuan diniyah anak asuh. Selain itu juga untuk mempererat jalinan silaturahmi antar anak asrama Rumah Yatim. Dia berharap, lewat kegiatan tersebut ukhuwah antar asrama bisa semakin erat. Sehingga, perbedaan asrama bukan menjadi alasan untuk saling membatasi.

Selain itu, kata Azizah, dalam kegiatan ini pula yang diutamakan ialah memberikan ruang untuk tampil kepada anak asuh. Agar anak asuh mampu percaya diri untuk tampil di depan umum. Sehingga, bisa mengemukakan pendapat dengan percaya diri serta memiliki karakter pemimpin yang berakhlak karimah.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-04-23 10:55:31

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend