Lewat Tiga Program Rumah Yatim, 130 Lansia di Bokok Senang Rasakan Manfaat Zakat

Sebanyak 130 lansia prasejahtera di Desa Bokok, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, senang telah merasakan manfaat zakat yang disalurkan oleh Rumah Yatim Cabang Tegal. Hal itu dirasakan melalui pemberian tiga program bantuan, di antaranya bantuan sembako, bantuan biaya hidup dan bantuan peduli sesama, Minggu (17/3) kemarin.

Kepala Cabang Tegal Jajang menerangkan, pemberian difokuskan kepada lansia prasejahtera untuk menghindari kecemburuan sosial. Bantuan ini didistribusikan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan para lansia selama beberapa hari ke depan. Ia menyebutkan, penerima manfaat dari bantuan sembako ini sebanyak 90 orang. Sedangkan bantuan biaya hidup 20 orang, dan santunan peduli sesama ada 20 orang.

“Kita prioritaskan lansia semua untuk menghindari kecemburuan sosial. Jadi kita pilih lansia yang kurang mampu, supaya tidak timbul kecemburuan sosial,” ungkapnya.

Seperti yang diketahuinya, sebanyak 150 lansia di desa tersebut hidup di bawah garis kemiskinan. Para lansia ini sudah tidak bekerja lagi karena faktor usia yang tidak mendukung untuk bekerja. Kemudian sisa dari jumlah tersebut, Rumah Yatim Tegal akan menyalurkan kembali bantuan di bulan selanjutnya.

Antusiasme masyarakat terhadap adanya bantuan ini terlihat saat kedatangan tim Rumah Yatim. Mereka sudah ramai berkumpul di Kantor Balai Desa. Ia berharap, bantuan ini dapat membawa keberkahan dan manfaat bagi warga setempat. Meskipun hanya bisa memberikan bantuan alakadarnya, setidaknya mereka dapat merasa diperhatikan oleh lembaga zakat, Rumah Yatim.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend