Longsor Hancurkan Sejumlah Rumah di Kampung Baru Pangalengan

Sejumlah rumah alami kerusakan parah dan tertimbun tanah longsor di Kampung Baru RT 02 RW 03, Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jumat (1/2) siang kemarin. Bencana longsor terjadi karena intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

Dikatakan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Sudrajat, longsor terjadi sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Longsor terjadi akibat hujan deras yang terjadi di wilayah tersebut.

Sejauh ini, dari informasi yang didapatkan jurnalis Rumah Yatim, rumah yang terdampak longsor sebanyak tiga rumah. Sedangkan tiga lainnya masih ada kemungkinan akan terancam longsor kembali. Namun, pada bencana kemarin tidak ada korban jiwa.

“Iya longsor terjadi pada pukul 14.00 waktu setempat akibat hujan deras sehingga menimpa tiga rumah milik warga. Dan tiga lainnya terancam terkena longsor susulan,” kata Sudrajat, Jumat malam. (Dikutip dari jabar.tribunnews.com.)

Hal itu dikarenakan tanah longsor yang terjadi di Kampung Baru berupa tebing yang di atasnya terdapat tanah pesawahan. Bahkan ketinggiannya diperkirakan sekitar empat meter lebih dan lebar hingga 50 meter.

Saat ini BPBD beserta jajaran pemerintahan setempat terus melakukan evakuasi dan membersihkan sisa longsor yang terjadi kemarin. Lewat sejumlah aparat desa dan kecamatan, TNI serta Polres setempat terus menghimbau warga agar tetap waspada. Karena hujan lebat masih kemungkinan mengguyur wilayah Pangalengan.

“Iya kami menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Bandung untuk terus waspada terhadap bencana karena Februari merupakan puncak dari musim hujan sehingga rawan terjadi bencana baik banjir dan longsor dan bencana lainnya,” pungkasnya.

Saat ini sejumlah keluarga terdampak bencana tersebut masih tinggal di sejumlah rumah tetangga dan sanak saudaranya. Hingga tulisan ini dibuat BPBD juga terus membersihkan sisa bangunan yang hancur dibantu masyarakat sekitar dan aparat kepolisian serta TNI.

Sumber foto: tribunnews.com

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend