Manager Rumah Yatim Area Kalimantan Serahkan Syarat Legalitas Pada Baznas

Rumah Yatim Area Kalimantan melakukan kunjungan ke kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Timur, Jalan Harmonika No. 01, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (7/8). Kunjungan ini merupakan salah satu langkah Rumah Yatim mendapatkan legalitas Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat provinsi.

Pada pertemuan tersebut, Manager Area Rumah Yatim Kalimantan, Indra Abdullah, menyerahkan perlengkapan syarat kepada Wakil Ketua 2 Baznas Kalimantan Timur, Faridatul Islam. Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam tersebut membahas sejumlah program dan kerjasama antara kedua belah pihak.

Menurut Indra, persyaratan yang dibawa dirinya berupa data dan informasi perihal Rumah Yatim Kalimantan. Meliputi data jumlah mustahik dan muzzaki, data penyaluran, data karyawan, serta surat-surat berharga lainnya. Pasca penyerahan syarat tersebut, kata dia, surat balasan atau legalitas dari Baznas akan secepatnya dikeluarkan untuk Rumah Yatim.

“Alhamdulillah semua syarat sudah lengkap, dari kami juga sudah menerima bukti serah terima berkas. Selanjutnya tinggal pengecekan ke lapangan dari Baznas,” ujarnya, Rabu (8/8).

Selain menyerahkan sejumlah dokumen kepada Baznas Provinsi, keduanya sempat membahas program kerja. Hal ini, kata Indra, guna menyinkronisasikan kerjasama lanjutan antara pemerintah dengan Rumah Yatim. Salah satu pembahasan yang diperbincangkan ialah rencana membuat kampung zakat. Namun, hal ini masih sekedar wacana yang masih dipersiapkan.

“Beliau berkeinginan membuat kampung zakat, dan membutuhkan dukungan berbagai pihak dan Rumah Yatim ikut andil di dalamnya,” papar Indra.

Ia berharap, dengan diserahkan sejumlah syarat tersebut Rumah Yatim bisa semakin berkembang. Salah satunya, memperkuat hubungan kerjasama dengan pemerintah provinsi dalam hal penyaluran bantuan.

“Pada dasarnya berlangsung baik, pihak Baznas menyambut baik kedatangan kami. Mudah-mudahan kerjasama ini bisa terus terlajin, dan syarat LAZ bisa cepat rilis,” terangnya.

 

Reporter: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend