Manajer Program dan Evaluasi KYD Kunjungi Anak Asuh Kalimantan Selatan

Manajer Program dan Evaluasi KYD Kunjungi Anak Asuh Kalimantan Selatan

“Ini merupakan kunjungan rutin ke setiap cabang dalam rangka pengecekan kualitas anak, sebagai bentuk tanggung jawab KYD ke stakeholder Rumah Yatim Arrohman Indonesia,” ungkap Manajer Program dan Evaluasi Unit Kemandirian Yatim dan Dhuafa (KYD), Joko Santoso, saat berkunjung ke Rumah Yatim Kalimantan Selatan.

Joko menegaskan, kunjungannya tersebut dalam rangka untuk memastikan setiap program KYD berjalan, menambah motivasi pada anak asuh dan pengurus asrama, juga memastikan kualiltas anak benar-benar terwujud, baik akademik maupun diniyah.

Manajer Area Kalimantan Selatan, Indra Abdullah mengatakan, kegiatan ini cukup membuat anak-anak tegang. Kehadiran Joko untuk melakukan tes hafalan Quran Hadits, doa, nama-nama surat, nama khulafaur rasyidin, materi dasar fiqih, akhlaq dan sejarah Nabi itu sempat membuat anak-anak deg-degan.

“Alhamdulillah anak-anak senang, walaupun degdegan karena akan di tes,” ujar Indra.

Anak asuh yang di tes terdiri dari 6 anak asuh Banjarmasin dan 5 anak asuh Banjarbaru. Indra merasa bersyukur karena anak-anak tingkat SMP yang di tes tersebut bisa menjawab. Meskipun untuk anak tingkat SD masih kurang dalam hafalan haditsnya. Hal itu pun diakui Joko bahwa anak asuh Kalimantan Selatan cukup baik dalam hafalannya.

“Alhamdulillah sesuai harapan, dari sisi hafalannya cukup bagus, baik ayat maupun hadits dan doa, ditambah amalan dasar seperti kemampuan berwudhu, shalat, puasa, shalat jenazah, pemahaman tentang ZIS, semua kami cek sesuai jenjang sekolahnya,” papar Joko.

Kegiatan silaturahmi dalam mempersiapkan anak-anak menyambut bulan Ramadhan dan juga menjadi syarat untuk mendapat akreditasi Kemensos ini, rupanya sangat membantu Indra dan dan tim.

“Kegiatan ini sangat membantu untuk mengetahui poin-poin mana saja yang harus kita pantau dan monitoring dari anak-anak asuh mukim kita, dan apa yang perlu kita sampaikan ke mereka sehingga lebih efektif dan efisien,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, selain tes, Joko pun menyampaikan motivasi agar anak-anak semangat untuk meningkatkan kemampuan diri dan bersungguh-sungguh dalam setiap tugas dan aktivitas. “Kegiatan ini sangat baik karena dapat menumbuhkan semangat anak-anak dalam memperbaiki kualitas belajar dan kualitas diniyahnya,” tutur Indra.

“Harapannya agar anak-anak semakin termotivasi dalam belajar, berprestasi dan menjalani kehidupannya. Biarkan mereka menjadi menteri, pengusaha, pejabat, pembisnis. Apapun itu yang penting mereka mengerti agama dan memiliki akhlakul karimah,” tutup Joko.

 

Di tulis oleh : Enuy Nurhayati Pada tanggal 2018-04-25 15:58:07

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat