Market Day Ramaikan Peringatan HUT Ke 73 RI di SD El Fitra

Market day menjadi salah satu kegiatan yang diadakan di SD El Fitra, Jalan Cibodas Raya No. 49, Antapani Kidul, Antapani, Kota Bandung, Rabu (15/8). Kegiatan ini upaya meramaikan dan memeriahkan periangatan HUT ke 73 Republik Indonesia. Selain market day, SD El Fitra juga menggelar belasan perlombaan unik bagi siswa.

Market day merupakan kegiatan yang selalu diadakan oleh SD El Fitra dalam memperngati hari tertentu. Pada kegiatan ini, seluruh siswa dari kelas satu hingga enam diajarkan untuk menjadi entrepreneur sejak dini. Hal ini yang diungkapkan oleh Kepala SD El Fitra, Erly Savitry.

Menurutnya, kegiatan market day menjadi salah satu yang mendorong siswa agar lebih kreatif. Melalui kegiatan ini juga seluruh siswa diajarkan bagaimana berjualan secara langsung. Untuk target marketnya, kata dia, ialah seluruh siswa, guru, karyawan, orangtua, dan lainnya.

“Yang biasanya hanya meminta uang atau jajan saja, tapi sekarang mereka belajar berjualan, bagaimana yang namanya berjualan itu,” ungkap Erly, kepada jurnalis Rumah Yatim.

Kegiatan market day ini juga untuk mengasah kemampuan anak dalam berbisnis. Tidak menutup kemunkinan, kata Erly, anak bisa menjadi pedagang atau pengusaha saat besar nanti. Di samping itu, kegiatan ini juga merupakan saah satu apa yang Rasulullah kerjakan semasa hidupnya. Kegiatan ini juga merupakan praktik secara langsung oleh anak untuk mata pelajaran cooking class.

“Mudah-mudahan saat sekecil ini terbiasa dan tertarik untuk berjualan bisa terus di kembangkan hingga dewasa,” jelasnya.

Seluruh barang dagangan yang dijajakan merupakan hasil olahan tangan siswa dan wali siswa. Sejumlah makanan, camilan, bahkan alat tulis dan aksesoris menghiasi meja dagangan seluruh siswa yang terlibat. Kegiatan market day ini akan terus belanjut hingga pada puncak kegiatan HUT RI Jumat (17/8).

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend