Masih Dipenuhi Abu Vulkanik, Rumah Yatim Kembali Semprot Jalan dan Bagikan Ratusan Masker

Masih Dipenuhi Abu Vulkanik, Rumah Yatim Kembali Semprot Jalan dan Bagikan Ratusan Masker

Dilansir dari esdm.go.id, aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sejak Kamis (13/8) pagi hingga pukul 21.41 WIB, terpantau mengalami 7 kali erupsi. Ketinggian kolom abu erupsi yang dihasilkan berwarna kelabu dengan intensitas sedang berkisar maksimum 2.000 m dari atas puncak bergerak ke arah timur, tenggara dan selatan.

Atas kondisi itu, Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara kembali mengambil langkah peduli terhadap masyarakat di sekitaran Gunung Sinabung. Langkah pertama ialah membagikan ratusan masker gratis bagi masyarakat di Desa Kutambelin, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, pada Sabtu (15/8).

Hal ini supaya masyarakat tidak banyak menghirup abu vulkanik. Berdasarkan informasi dari Kepala Cabang Rumah Yatim Sumut, Dasep, yang melihat langsung di lapangan, desa tersebut memang masih dipenuhi abu vulkanik yang cukup tebal. Sehingga, kata dia, pembagian masker ini tepat dilakukan.

Masih di lokasi yang sama, langkah kedua ialah melakukan penyemprotan serta membersihkan jalan dan fasilitas umum yang dipenuhi abu vulkanik. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran milik Damkar Tanah Karo. Adapun, kegiatan ini juga bekerjasama dengan TNI-AD Koramil 04/Se dan Polres Tanah Karo.

Dasep mengungkapkan, Rumah Yatim berkomitmen untuk terus masif melakukan aksi peduli Sinabung. Setelah sebelumnya, memberikan ratusan paket sembako dan 14.000 liter air bersih. Harapannya, tambah dia, bantuan dari Rumah Yatim bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak.

“Walau bantuan yang diberikan masih belum memenuhi segala kebutuhan warga di sana, tapi semoga bisa sedikitnya membantu. InsyaAllah ke depannya Rumah Yatim akan terus memberikan bantuan,” ungkapnya.

 

 

Penulis: Anjar Martiana

Redaktur: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend