Masyarakat antusias dan gembira manakala Rumah Yatim Cabang Mataram NTB, menyalurkan sejumlah bantuan sembako dan logistik untuk para korban bencana gempa di Kabupaten Lombok Timur, Minggu (9/9). Penyaluran ini sebagai perhatian Rumah Yatim dalam upaya pemulihan kondisi masyarakat yang masih mengalami trauma akibat gempa.

Bertempat di Desa Suntalu, Kecamatan Suila, Kabupaten Lombok Timur, sejumlah bantuan berupa paket sembako, perlengkapan bayi, dan multivitamin disalurkan. Relawan Rumah Yatim Cabang Mataram, Salma Hasanah menyebutka, sebanyak 60 kepala keluarga menerima bantuan tersebut. Bantuan ini, kata dia, setidaknya dapat meringankan beban para korban gempa yang mengalami kekurangan.

Menurut pantauan tim di lapangan, kondisi rumah warga hanya mengalami retak-retak. Namun gempa yang terus mengguncang setiap hari, membuat para warga enggan untuk menempati rumahnya, karena dikhawatirkan rumahnya akan runtuh setiap saat. Sehingga hal itu membuat para warga mengalami trauma dan tetap bertahan di pengungsian.

“Mereka masih di pengungsian, kondisi warga pada takut kembali ke rumahnya. Kalau siang bisa pulang ke rumah. Sore kembali ke tenda pengungsian. Karena belum bisa berani tidur di rumah karena trauma,” jelasnya saat dihubungi, Senin (10/9).

Kata Salma, di daerah tersebut mengalami kekurangan bahan pangan, sehingga untuk makanpun susah. Terlebih para warga hanya bermata pencaharian sebagai petani tembakau. Kendati demikian, ia berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Lombok Timur, khususnya para korban gempa.

“Mudah-mudahan bencana gempa ini segera berakhir agar mereka tidak merasa ketakutan lagi. Mudah-mudahan kita selalu memberi senyuman untuk mereka,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat