Maya, Janda Dua Anak Jadi Buruh Cuci Demi Hidupi Sang Buah Hati

Maya (38) adalah seorang ibu dua anak yang baru kehilangan suami sekitar tiga bulan lalu. Anak pertamanya berusia 10 tahun, sedangkan anak keduanya 4 tahun. Kini, ia harus menafkahi serta mengurus kedua anaknya itu seorang diri.

Akhirnya, Maya banting tulang mencari sesuap nasi dari hasil menjadi buruh cuci pakaian. Penghasilan yang ia dapat, hanya 200 ribu rupiah setiap bulannya. Angka yang cukup kecil itu tak mampu menutupi segala kebutuhan keluarganya.

Walau begitu, Maya mengaku tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa pasrah pada keadaan. “Upah segitu tidak cukup, tapi ya dicukupkan saja buat makan sehari-hari, yang penting bisa makan walau cuma nasi,” ungkap Maya.

Ia mengaku juga pernah menahan lapar dan tidak makan seharian, karena tak ada uang untuk membeli beras. Tapi, pada saat itu ada tetangga yang memberi makanan. “Alhamdulillah tetangga suka ngasih, saya malu, tapi mau gimana lagi, anak saya harus makan,” tambahnya.

Menurut Kepala Cabang Rumah Yatim Pontianak, Rohim, yang mengunjungi kediaman Maya di Dusun Nirwana RT 002 RW 002 Desa Sungai Kakap, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat. Ia melihat rumah yang ditempati Maya dan kedua anaknya memang hanya terbuat dari kayu seadanya.

“Bisa dibilang cukup memprihatinkan kondisinya, bahkan rumahnya sudah ada beberapa yang rusak, semoga mereka selalu tabah dalam menjalani ujian ini,” kata Rohim.

Oleh karena itu, Rumah Yatim Cabang Pontianak memberikan bantuan bahan pokok bagi Maya, pada Rabu (16/9). Bantuan ini diberikan sebagai upaya membantu memenuhi kebutuhan pokok dia dan kedua anaknya. Harapannya, kata dia, ini bisa meringankan beban Maya.

Kepada tim Rumah Yatim, Maya mengaku bahagia dan teeharu dapat bantuan dari Rumah Yatim. “Alhamdulillah disyukuri sekali karena jarang ada yang ngasih bantuan. Mudah-mudahan dapat bantuan lagi seperti ini karena sangat membantu keluarga saya,” tutur Maya.

 

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend