Mbah Tuyem Pengupas Bawang Terima Bantuan Rumah Yatim

Rumah Yatim Cabang Yogyakarta kembali berkesempatan mengunjungi kediaman Mbah Tuyem, di di pelosok desa Wukirsari, Imogiri, Bantul Yogyakarta. Kali ini Rumah Yatim datang untuk berbagi kebahagiaan bersama lansia berusia 70 tahun itu.

Sebuah paket sembako dan uang tunai diberikan untuk membantu kebutuhan sehari-hari Mbah Tuyem dan keluarga, Selasa (29/9) kemarin. Bantuan tersebut merupakan amanah dari para donatur yang terdata di donasi online untuk Mbah Tuyem.

“Rencananya bantuan akan diberikan secara bertahap untuk Mbah Tuyem, karena proses donasi masih berjalan,” tutur Relawan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, Sigit.

Diketahui, sejak sepeninggal suaminya pada 20 tahun silam, kini Mbah Tuyem tinggal bersama anak dan cucunya. Untuk memenuhi kebutuhannya, mbah Tuyem menjadi buruh pengupas bawang merah dan memotong tangkai cabai, per kilo ia mendapat upah sebesar Rp 2000/kg untuk bawang, dan Rp 1000/kg untuk cabai, bukan nominal yang bisa dikatakan besar.

“Dalam sehari ia bisa menyalesaikan kurang lebih 10 Kg bawang, jadi seharinya mbah Tuyem hanya bisa mendapkan uang kurang lebih Rp 20.000,-. Namun, karena adanya pandemi Corona ini, stok bawang pun menurun,” imbuhnya.

Disamping itu, Mbah Tuyem mempunyai penyakit asma, yang membuatnya tidak bisa beraktivitas terlalu berat dan capek, karena akan membuat asmanya kumat.

Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend