Mbah Umilatu Berjuang Hidup dengan Berjualan Kerupuk Keliling

Mbah Umilatu Berjuang Hidup dengan Berjualan Kerupuk Keliling

Sejak ditinggal mendiang suaminya enam tahun lalu, Mbah Umilatu (85) hidup seorang diri disebuah rumah sepetak dan sederhana. Sudah 10 tahun ini pula kedua anaknya yang merantau ke Cilacap, Jawa Tengah, dan Sumatera tidak pernah pulang atau sekedar menjenguk keadaannya. Alhasil di usia senjanya, ia harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan menjadi penjual kerupuk keliling.

Cuaca panas terik matahari ataupun hujan tak menyurutkan semangatnya untuk berkeliling kampung menjajakan jualannya. Tubuh ringkih dan bungkuknya menjadi bukti semangatnya untuk bertahan hidup di tengah situasi sulit seperti pandemi saat ini. Meskipun kondisi fisiknya yang sudah lemah, Mbah Umilatu tidak meminta belas kasihan tetangga.

“Yaahh mau gimana lagi, kalau gak berkeliling jualan yah tidak dapat uang. Bantuan dari pemerintah juga kadang ada, kadang tidak,” ujarnya.

Diketahui, kerupuk yang dijualnya bukan buatan sendiri melainkan mengambil dari orang lain kemudian menjualnya secara berkeliling. Bahkan keuntungan yang didapatpun hanya sedikit dan tidak seberapa, sehingga terbilang sangat kurang untuk mencukupi kebutuhannya. Atas kondisi itu banyak warga yang membeli dagangannya karena merasa iba.

“Kalau Mbah Umilatu keliling dagang, anak saya pasti beli soalnya kasian juga, sudah tua namun masih harus berjualan,” tutur salah satu warga yang mengantar Relawan Rumah Yatim cabang Yogyakarta, ke kediaman Mbah Umilatu, di Dusun Wukirsari, Desa Imogiri, Bantul, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim cabang Yogyakarta memberikan bantuan sembako, untuk mencukupi kebutuhan pangannya selama beberapa hari kedepan. Mbah Umilatu merupakan salah satu lansia dhuafa yang hidup sebatangkara dan membutuhkan membutuhkan uluran tangan dari para dermawan. Masih banyak lansia dhuafa lainnya yang membutuhkan bantuan.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend