Melalui Program Kampung Perubahan, Rumah Yatim Jadikan Kampung Cihupu sebagai Mitra Binaan

Kampung Cihupu merupakan pemukiman yang mayoritas perekonomian masyarakatnya, tergolong ke dalam kelas menengah kebawah.

Oleh karenanya, Rumah Yatim Regional Jabodetabek (JBK) menjadikan Kampung Cihupu, yang berada di Kawasan Desa Karyasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai mitra binaannya.

Relawan Rumah Yatim JBK, Sani Ramdani, mengatakan bahwa, melalui Program Kampung Perubahan, diharapkan bisa membawa perubahan bagi kampung tersebut.

“Pemberdayaan berdasarkan kampung atau desa dinamakan Kampung Perubahan, dengan harapan adanya program Laznas Rumah Yatim ke sana, bisa membawa perubahan bagi kampung tersebut, sesuai dengan tujuan zakat ialah merubah mustahik menjadi muzaki,” ujar Sani.

Sani menambahkan, masyarakat Kampung Cihupu mayoritas bekerja sebagai petani, dengan perekonomiannya tergolong ke dalam kelas bawah, sehingga masih harus dibantu.

Bantuan yang diberikan untuk masyarakat Kampung Cihupu berupa bantuan karitatif atau konsumtif.

“Rumah Yatim menyalurkan bantuan karitatif atau konsumtif, seperti bahan makanan pokok sehari-hari, juga bantuan pembangunan sanitasi atau Mandi Cuci Kakus (MCK),” kata Sani.

Sani berharap, masyarakat Kampung Cihupu bisa berkembang dan berubah.

“Harapannya masyarakat di sana bisa berkembang dan berubah, baik berubah menjadi perilaku sehat dengan adanya sanitasi, juga dengan adanya gotong royong, baik dari membantu untuk masyarakat miskin disananya, atau pembangunan-pembangunan MCK-nya bisa menumbuhkan kembali jiwa sosial dan jiwa gotong royongnya. Serta mudah-mudahan dengan program-program lain, kedepannya bisa memberdayakan mereka dan merubah mereka, baik dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi dan keagamaannya,” ujar Sani.

Sementara itu, sebagai ketua yang bertanggung jawab untuk Kampung Perubahan di Kampung CIhupu, Asep, mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur karena telah menjadikan Kampung Cihupu sebagai mitra binaan Rumah Yatim.

“Terima kasih Rumah Yatim dan para donatur, semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah, semoga dengan menjadikan Kampung Cihupu sebagai mitra binaan, perekonomian masyarakat yang tadinya tergolong ke dalam kelas bawah, bisa bangkit,” tutup Asep.

Jurnalis : Solehan Yusuf

About Author

Leave a Comment

Send this to a friend