Memasuki Usia Satu Abad, Zohariyah Hanya Bisa Berbaring Ditemani Cucu Tercinta

Memasuki Usia Satu Abad, Zohariyah Hanya Bisa Berbaring Ditemani Cucu Tercinta

Ketika Rumah Yatim menyambangi kediamannya di Dusun Racem, Desa Bujak, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, Zohariyah hanya bisa berbaring dan meringkuk di sebuah kasur, lengkap dengan kain tebal yang menyelimuti badannya itu.

Zohariyah mengaku usianya sudah lebih dari satu abad. Di usia senjanya itu, ia sudah sering mengalami sakit-sakitan. Bahkan, ia sudah tidak bisa bangun dari tempat tidur. Dari hari ke hari, kondisinya makin kurus dan melemah.

Diketahui, sang suami sudah meninggal sejak lama. Ia memiliki satu orang anak, namun anaknya pun sudah meninggal. Saat ini, ia hanya punya satu orang cucu yang setia menemaninya setiap hari. Walau keadaan cucunya pun disabilitas.

“Cucunya perempuan dan masih berusia 17 tahun. Mereka hanya tinggal berdua di rumah sederhana,” ujar¬†Maria Ulfa, Relawan Rumah Yatim Cabang Nusa Tenggara Barat.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, cucu perempuannya itu bekerja sebagai buruh tani. Penghasilan yang didapat pun tidak seberapa. Apalagi, kondisi cucunya yang juga sering sakit, sehingga terkadang tidak bekerja. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan sang cucu didapatkan dari sanak saudara dan tetanga.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim Cabang NTB memberikan bantuan sembako bagi Zohariyah dan cucunya, pada Sabtu (11/7). Hal itu demi tercukupinya kebutuhan pokok mereka. “Semoga bantuannya bermanfaat,” pungkasnya. Selain Zohariyah, ada puluhan lansia lainnya yang mendapat bantuan serupa.

 

 

 

Penulis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend