Mengantarkan Amanah untuk Risca, Ibu Tunggal yang Menafkahi Kelima Anaknya dengan Jadi Buruh Cuci Gosok

Menjadi orang tua tunggal dalam keluarga bukanlah perkara mudah. Selain mengurus anak, orang tua tunggal pun harus banting tulang mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Hal itulah yang dialami Risca (40), warga kelurahan Cisaranten Kulon, kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Sejak ditinggal suamihya wafat dua tahun lalu, ia menjadi orang tua tunggal bagi kelima anaknya. Untuk memenuhi kebutuhan harian dan pendidikan anak-anaknya, ia bekerja menjadi buruh cuci.

“Setiap pagi saya keliling rumah warga buat nawarin jasa cuci gosok. Kalo ada warga yang mau nyuci disaya, nanti saya dibayar 20 ribu, tapi ngga setiap hari ada orang yang mau nyuci ke saya,” ujar Risca kepada salah satu relawan Rumah Yatim.

Penghasilan yang didapat Risca belumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, pendidikan anak dan kontrakan. Seringkali untuk mencukupi semua kebutuhan, Risca terpaksa berhutang di warung dan menunggak kontrakan.

“Saya takut ngga bisa bayar hutang dan kontrakan, meskipun anak pertama ikut bantu penuhi kebutuhan, tapi tetap ngga cukup, karena penghasilan dia cuman cukup untuk bantu makan aja,” ungkapnya.

Anak pertama Risca saat ini bekerja sebagai asisten rumah tangga dengan penghasilan 100 ribu rupiah perminggunya. Sementara keempat anak Risca lainnya masih kecil-kecil.

Merespon hal tersebut, Rumah Yatim cabang Jawa Barat melalui tim relawannya menyambangi kediaman Risca guna memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai, sembako, perlengkapan MCK, bingkisan buah-buahan dan jajanan anak.

“Bantuan ini diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup bu Risca dan anak-anaknya, serta untuk melunasi tunggakan kontrakan, biaya pendidikan dan hutang bu Risca. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan manfaat dan kebahagiaan untuk mereka,” ucap Nurul salah satu relawan Rumah Yatim, Sabtu (23/7).

Tangis haru Risca dan kelima anak yatimnya turut menyertai prosesi penyerahan bantuan tersebut.

“Alhamdulillah ya Allah, terima kasih Rumah Yatim dan donatur atas bantuannya. Bantuan ini sangat berarti dan membantu kami, hanya doa yang bisa kami berikan untuk membalas semuanya. Semoga Rumah Yatim semakin sukses dan dipercaya banyak masyarakat, serta para donaturnya diberikan kesehatan, rezeki yang berlimpah dan dimudahkan semua urusannya,” tutur Risca.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend