Metode Jitu Tingkatkan Kualitas Hafalan Anak Asuh Tegal

Rumah Yatim Cabang Tegal mempunyai metode jitu untuk meningkatkan kualitas hafalan anak asuhnya. Metode tersebut ialah dengan memperbanyak murojaah yang dilakukan dengan cara menyambung ayat hafalan antar dua orang anak asuh.

Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal, Jajang Khoeruman mengatakan, jika metode ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan anak asuh. Selain bisa melafalkan hafalan dengan lancar dan benar, anak asuh pun bisa menebak ayat sebelumnya atau terusan ayat yang dibacakan rekannya.

Untuk pengetesan hafalannya dilakukan satu pekan tiga kali yakni setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu, setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah. Sedangkan murojaah dilakukan setiap hari, selepas shalat ashar.

“Anak-anak di sini cepat menghafal dan cepat pula lupanya. Oleh karena itu, kami memperbanyak jadwal murojaah agar mereka selalu mengingat hafalannya,” kata Jajang, Sabtu (8/9).

Ia menuturkan, jika dalam satu minggu, anak asuhnya mampu menghafal sebanyak empat ayat dengan lancar dan benar. “Kami sengaja memberikan hafalan dalam jumlah segitu, agar mereka bisa menghafal dengan mudah dan tentunya mereka tidak mudah lupa dengan hafalannya,” tambahnya.

Jajang berharap, metode ini dapat mempermudah anak asuh untuk meningkatkan kualitas hafalan anak asuhnya. Sehingga, kelak mereka bisa menjadi seorang hafidz yang patut dijadikan teladan.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend