Minim Fasilitas Kesehatan di Dusun Cibitung, Rumah Yatim Beri Pengobatan Gratis

Rumah Yatim memberikan pelayanan dan pengobatan gratis bagi masyarakat prasejahtera di Dusun Cibitung, Desa Sukasari, Kecamatan Tambaksari, Ciamis, Minggu (29/7). Para dokter yang ikut dalam pemeriksaan kesehatan menilai pelayanan kesehatan Rumah Yatim ini dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di wilayah pelosok.

Salah seorang dokter Rumah Yatim, Ani, mengaku sudah beberapa kali mengikuti kegiatan sosial di bidang kesehatan bersama Rumah Yatim. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam berbagi dengan masyarakat desa yang memiliki masalah kesehatan. Terlebih fasilitas kesehatan di dusun tersebut masih sangat minim, serta akses ke rumah sakit sangat jauh dan sulit.

“Karena di sini belum ditemukan praktik dokter, akses ke posko kesehatan juga agak jauh mungkin harus ada Puskesmas yang lebih dekat di daerah sini,” jelasnya Minggu (29/7).

Adapun kondisi kesehatan dari hasil pemeriksaan warga yang mendatangi layanan kesehatan tersebut, didominasi oleh lansia. Masalah kesehatan tersebut, di antaranya metabolis syndrome, hypertensi, kolesterol, asam urat, batuk dan pilek.

Minimnya fasilitas kesehatan di wilayah tersebut, ia berharap pemerintah dapat memfasilitasi sarana kesehatan untuk masyarakat setempat. Hal ini agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang layak.

“Semoga kesejahteraan kesehatan semakin merata, bukan hanya di kota, tetapi hadir juga di desa kecil, dan semoga semakin makmur,” pungkasnya.

 

Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-07-31 09:55:34

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend