Motivasi Anak Hadapi USBN, Wali Siswa SD El Fitra Ikuti Seminar Parenting

Satu bulan lagi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar akan dilaksanakan pada April 2019 mendatang. Untuk menghadapi persiapan USBN bagi siswa kelas 6, Civitas Akademika SD El Fitra mengadakan kegiatan parenting bagi wali murid kelas 6 terkait cara memotivasi anak menghadapi USBN di rumah.

Bertempat di SD El Fitra, Jalan Cibodas Raya, No. 49, Antapani, Kota Bandung, para orangtua siswa diundang dan berkumpul untuk diberikan pemahaman terkait kondisi anak dalam menghadapi USBN. Kepala SD El Fitra, Erly Savitri menerangkan kegiatan ini sebagai upaya pihak sekolah akan pentingnya memotivasi anak untuk mengahdapi USBN,  dari segi mental dan psikologisnya.

“Secara mental mereka akan mengalami underpressure, karena setiap hari belajar tentang materi USBN. Sedangkan secara emosinya cenderung tidak stabil, terkadang meledak-ledak,” ungkapnya.

Menurut Erly, bukan hanya dorongan dari para guru, dorongan motivasi dari orangtua di rumah juga sangat penting. Agar ketika di rumah, anak tidak merasa tertekan. Sehingga orangtua harus memahami kondisi siswa. Bila motivasi dari orangtua telah dijalankan, maka emosinya cenderung stabil. Agar sama-sama memiliki kesamaan visi misi untuk menyukseskan USBN 2019 ini.

Ia menyebutkan, sebanyak 57 siswa SD El Fitra akan mengikuti ujian berstandar nasional ini. Pada kesempatan tersebut, turut dihadirkan pula seorang psikolog pendidikan anak, Herlina Hendriyati. Di forum ini, para orangtua siswa kelas 6 bisa bebas berkonsultasi terkait anaknya yang cenderung memiliki emosi yang tidak stabil. Sehingga dibutuhkan cara memotivasi anak menghadapi USBN.

Erly berharap, siswa SD El Fitra diberi kemudahan, kelancaran, kesehatan dan hasil yang terbaik. Karena menurutnya kesehatan adalah komponen penting yang mendukung kehadiran mereka di USBN yang akan dilaksanakan pada 23-24 April mendatang. “Kehadiran mereka akan didukung oleh kesehatannya. Semoga mereka selalu diberi kesehatan dan kelancaran,” harapnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend