Motivasi Sederhana Kepala Asrama Lewat Hafalan Alquran

rumah yatim

Memberikan pendidikan diniyah sejak dini menjadi keharusan. Agar, setiap anak bisa menjadi generasi islami secara baik. Membimbing, mengarahkan, serta memotivasi agar anak bisa berkembang secara baik merupakan kewajiban setiap orang. Hal inilah yang selalu diterapkan di Asrama Rumah Yatim Cemara, Jalan Cemara No. 23, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung.

Kepala Asrama Cemara Safitri menjelaskan, dirinya selalu mengingatkan anak asuh untuk tetap membaca Alquran. Salah satunya, kata dia, dengan melakukan tes hafalan serta muroja’ah rutin kepada anak asuh. Sehingga, sambungnya, agar setiap anak bisa menghafal dengan baik.

“Kita muroja’ah hafalan yang sekiranya agak lupa, baik itu haditsnya atau pun ayat suratnya hingga kami hafal,” ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, dirinya selalu memberikan tambahan hafalan kepada anak. Hal ini, guna menambah wawasan dan pengetahuan anak asuhnya. Selain itu, dalam sehari anak asuh Cemara disarankan bisa menghafal sebanyak satu lembar. Namun, sejak padatnya aktivitas full day school, target tersebut belum tercapai secara penuh.

“Belum tercapai dikarenakan waktu yang begitu singkat jadi sebagian anak saja yang mampu menyetorkan hafalan satu kaca (halaman),” jelas Safitri.

Ia mengatakan, untuk kegiatan tes hafalan, dirinya menjadwalkan dua hari sekali. Namun, di samping itu sejumlah hambatan masih tetap ada saat memberikan pembiasaan hafalan tersebut. Apalagi, kata dia, saat anak asuh sudah merasa lelah akibat aktivitas yang padat.

“Ketika mereka sudah mulai cape dikarenakan mungkin banyak kegiatan jadi mereka pada gak semangat, terkadang anak-anaknya pun kurang fokus,” ungkapnya.

Namun, Safitri tetap memberikan motivasi kepada anak asuhnya. Serta memberikan penjelasan kepada anak tentang keutamaan dalam menghafal Alquran. Apalagi, kata dia, sebagian besar anak asuhnya bercita-cita ingin menjadi hafidz Quran.

“Selalu diingatkan kembali bahwa hafalan mereka itu salah satu harapan yang besar bagi orangtuanya di masa yang akan datang,” kata Safitri.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-04-03 12:04:02

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend