Nia Tetap Semangat Ikuti Ujian Online Berbasis Komputer

Nia Tetap Semangat Ikuti Ujian Online Berbasis Komputer

Sejak pagi Nia Ramadhani (14), anak asuh Asrama Rumah Yatim Banjarbaru sudah bersiap untuk mengikuti ujian sekolah. Hari ini merupakan jadwal terakhir dirinya mengikuti ujian. Siswa Kelas IX MTs Ihya Ulumuddin ini tetap semangat mengikuti ujian walaupun saat ini dilakukan secara daring.

Ujian berbasis daring atau online ini diikuti Nia sejak Senin 6 April hingga Kamis 9 April 2020 hari ini. Proses ujian tidak jauh beda dengan ujian tatap muka seperti biasanya. Diberikan soal, dikerjakan kemudian waktu berakhir tanda ujian selesai. Hanya saja, saat ini soal, pengerjaan, waktu yang diberikan melalui daring dan dikerjakan di Asrama

Nia mengatakan, pengalamannya mengikuti ujian ini cukup menantang. Selain tanpa ada yang mengarahkan dan diawasai oleh guru. Ia juga tidak bisa bertanya jika ada soal yang masih rancu. Selain itu, Ulangan Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) ini pula harus tepat waktu dari yang telah ditentukan oleh pihak guru.

“Dari jam 9 pagi sudah siap, guru memberikan link nya untuk ujian, kemudian mengerjakan sesuai waktu yang ada,” terangnya, sesaat setelah mengikuti ujian daring.

Kemudian lembar online ujian yang diberikan, kata dia, ada dua jenis. Pertama, soal diberikan secara pilihan ganda dan kedua berbentuk essay. Untuk essay ia juga harus menyalin jawabannya di buku tulis selain mengisi di lembar online yang telah disediakan.

“Ini lebih sulit karena tidak ada yang mengarahkan seperti oleh gurunya, kalo untuk materinya sudah menghafal dari semalam,” ungkapnya.

 

 

Jurnalis : Calam Rahmat

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend