Paket Sembako Rumah Yatim Bantu 180 Lansia di Desa Batu Agung

“Di Kecamatan Balupalang ini, Desa Batu Agung adalah desa yang memiliki banyak warga miskinnya,” papar Kepala Desa Batu Agung, Narko, dalam sambutannya di acara pemberian santunan sembako Rumah Yatim Tegal, Minggu (27/5).

Narko melanjutkan, desanya memiliki enam RW dan 24 RT. Desa yang cukup besar dan memiliki banyak warga. Ia memastikan, ada sekitar 300 jiwa yang terdata, termasuk warga prasejahtera yang berada di bawah garis kemiskinan. Karena itu, kehadiran Rumah Yatim Tegal ke tengah masyarakatnya membuat dirinya mengapresiasi Rumah Yatim. Apalagi selama ini sudah beberapa kali Rumah Yatim menyalurkan bantuan ke desanya melalui pihak RT setempat.

“Terima kasih banyak atas semua bantuannya kepada warga kami,” ujarnya.

Pada bulan sebelumnya, Rumah Yatim sudah menyalurkan bantuan sembako sebanyak 100 paket, bantuan biaya hidup dan bantuan peduli sesama di awal bulan Ramadhan ini. Kali ini Rumah Yatim ingin lebih luas lagi membantu dengan menyalurkan bantuan sembako untuk Desa Batu Agung dengan langsung melibatkan pihak desa. Sehingga pembagian tak hanya satu RT saja, tapi juga mencakup 24 RT secara merata. Terpilih 200 mustahik terdiri dari 180 lansia dan 20 fakir miskin.

“Alhamdulillah pembagian sembako kali ini berjalan dengan lancar dan para mustahik pun benar-benar layak untuk mendapatkan bantuan,” papar Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal, Jajang Khoeruman.

Alasan pihak desa memilih lansia sebanyak 180 orang dengan usia 60 tahun ke atas ini, agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Menurut Jajang, Rumah Yatim hanya menyediakan 200 paket untuk warga yang benar-benar membutuhkan. Jika kriterianya hanya fakir miskin kemungkinan banyak warga yang hadir dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jajang melanjutkan, pihak Desa Batu Agung ini masih berharap Rumah Yatim akan kembali memberikan bantuan untuk warganya. Karena menurut Narko, ada sekitar 70 anak yatim yang juga butuh perhatian. Untuk itu, Rumah Yatim yang memiliki program buka puasa bersama yatim berencana akan melakukan kegiatan tersebut di Batu Agung.

“Untuk membahagiakan anak-anak yatim di tempat rawan pangan Rumah Yatim memiliki program buka puasa, dan kami rasa Batu Agung termasuk ke dalam kriteria tersebut, karena itu insya Allah kalau sesuai dengan rencana kami akan mengadakan ifthar di sini pada bulan Ramadhan ini,” tuturnya.

 

Di tulis oleh : Enuy Nurhayati Pada tanggal 2018-05-29 20:16:40

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend