Para Pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar Bangladesh Dilanda Badai Munson

Sejak 9 Juni lalu, Bangladesh diterjang badai Munson. Tak pelak, pengungsian yang berada di daerah Cox’s Bazar pun terkena dampaknya. Hujan yang disertai angin kencang dari badai Munson ini telah mengakibatkan banjir, tanah longsor, tanggul jebol serta hanyutnya beberapa jembatan yang berada di daerah pengungsian tersebut.

Sekitar 9000 jiwa pengungsi yang berada di Cox’s Bazar terkena dampak dari badai ini. Kamp Balukhali merupakan lokasi tempat pengungsian yang paling parah terkena dampaknya. Menurut perwakilan Organisasi Migrasi PBB, Manuel Pereira, kondisi di dalam pengungsian saat ini begitu memprihatinkan.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh lembaga nasional maupun internasional adalah fokus pada pengevakuasian para pengungsi yang pengungsiannya telah terendam banjir. Dikhawatirkan akan adanya badai susulan yang akan merendam lebih banyak lagi kamp di Cox’s Bazar.

Dalam kondisi cuaca normal saja mereka begitu kesulitan. Baik dalam hal mencari sesuap nasi hingga kebanyakan anak-anaknya tidak memakai pakaian yang layak. Anak-anak pengungsi Rohingya hanya dapat memakai celana tanpa memakai baju atau kaos. Hal ini karena mereka tidak memiliki pakaian yang cukup untuk mereka pakai.

Tak terbayangkan bagaimana keadaan anak-anak Rohingya di musim badai ini. Mereka hanya memakai pakaian tipis dan bahkan ada yang hanya telanjang dada. Melihat kejadian ini, Rumah Yatim pun tergerak untuk dapat mengajak masyarakat Indonesia dalam membantu saudara muslim kita yang hanya bisa hidup mengandalkan bantuan dan uluran tangan kita. Tunjukkan kepedulian dan perhatian anda dengan berkontribusi bagi 1,5 juta pengungsi yang menanti ‘kemerdekaan’ sesungguhnya.

 

Di tulis oleh : Iqbal Pada tanggal 2018-06-14 17:25:00

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend