Parcel Lebaran untuk Kaka Beradik Penderita Thalassemia Asal Palembang

Parcel Lebaran untuk Kaka Beradik Penderita Thalassemia Asal Palembang

Malang, mungkin itulah kata yang tepat menggambarkan nasib kakak beradik Raden Jingga Ramadani (9) dan Raden Jidan Saputra (7). Warga Jalan Angkatan 66 Lorong Harapan Satu, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang tersebut diketahui menderita thalasemia. Thalassemia merupakan kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika, sehingga menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal.

Sang Ibu, Destian Handayani (31) mengetahui anak-anaknya mengidap thalassemia atau kelainan darah sejak mereka berusia 5 tahun. Awalnya, kedua anak Destian sering terlihat pucat serta lemas, hingga akhirnya dibawa ke dokter dan didiagnosis mengalami thalasemia.

Setiap satu minggu sekali, kedua anaknya terpaksa harus melakukan cuci darah. Sayangnya, mereka pun kerap kesulitan mendapat pendonor darah. Karena meski telah memiliki pendonor tetap, namun prosesnya harus menunggu waktu 3 bulan sekali.

“Ya Allah aku mah sampai kesana kesini ngemis darah, seminggu dua kali. Jadi kerjaannya dalam satu minggu bolak balik ke rumah sakit,” keluh Destian kepada Rumah Yatim, Sabtu (23/5).

Disamping itu, Destian juga bukan orang berada dan bisa dibilang hanya keluarga dengan ekonomi rendah. Sebab, sang suami hanyalah seorang buruh pabrik dengan penghasilan yang tidak seberapa.

Padahal, dari setiap darah yang didonorkan kepada kedua anaknya, Destian kerap mengeluarkan sejumlah uang sebagai rasa terima kasih kepada sang pendonor. Akhirnya, Destian sekeluarga pun hanya mampu tinggal di rumah kontrakan dan tak bisa menabung.

Mengetahui kondisi tersebut, Rumah Yatim Cabang Palembang memberikan hadiah parcel lebaran. Raut wajah keluarganya sumringah dan antusias saat relawan Rumah Yatim Palembang menyerahkan parcel Lebaran.

Destian merupakan salahsatu keluarga dhuafa yang yang tidak bisa merayakan hari Raya Idul Fitri lantaran keterbatasan ekonomi. Tapi berkat uluran tangan dari para donatur, Keluarga Destian bisa merayakan lebaran dengan penuh suka cita. Rumah Yatim akan terus bergerak membagikan parcel lebaran kepada keluarga dhuafa lainnya di seluruh Indonesia.

 

 

 

Penulis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend