Pasca Dirawat Inap, Kondisi Kesehatan Ayu Alami Perkembangan

Setelah dilakukan rawat inap untuk pemantauan gizi di Rumah Sakit Melinda 2, Jalan Padjajaran, Kota Bandung, Minggu (7/4) kemarin, kondisi kesehatan Ayu alami banyak perkembangan. Selama tiga hari rawat inap, berat badan balita penderita hidrosefalus ini mulai bertambah sejak pertama kali tim medis Rumah Yatim membawanya ke UGD.

“Alhamdulillah berat badan Ayu naik enam ons dari pertama masuk UGD, lingkaran pada daerah kelopak matanya sudah tidak memerah. Pergerakan kaki dan tangannya sudah mulai aktif, dan suara nafas seperti banyak lendirnya sudah mulai sedikit berkurang,” terang Zulfa, salah satu tim medis Rumah Yatim.

Tindakan selanjutnya, sambung dia, dokter bedah saraf menyampaikan keterangan kepada keluarga Ayu seputar resiko untuk operasi nanti dengan pemasangan selang (Vp Shunt). Serta kemungkinan kesehatan yang terjadi pasca operasi dan pemulihan. Hal ini disampaikan oleh Bilzardy Ferry Zulkifli selaku dokter bedah saraf melalui Zulfa.

Untuk sementara waktu, dokter akan melihat perkembangan gizi Ayu terlebih dahulu dan belum bisa dilakukan tindakan operasi dalam waktu dekat sampai kondisi balita mungil tersebut membaik. Serta pemantauan lingkar kepalanya akan dilakukan setiap hari.

“Tetapi jika ada peningkatan lingkar kepala sangat cepat, maka akan dilakukan operasi sebagai tindakan darurat. Sampai hari ini, lingkar kepala Ayu 52 cm, masih sama dari hasil tiga hari yang lal,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk tindakan selanjutnya, pada Senin (8/4) akan dilakukan pengecekan laboratorium darah kembali. Serta pemberian cairan minumannya dari 40 cc ke 60 cc per tiga jam. Saat ini Ayu membutuhkan doa dan dukungan dari berbagai pihak untuk kembali pulih dari rasa sakitnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend