Pasca Idul Adha, Rumah Yatim Kembali Salurkan Bantuan Bencana Lombok

Our Visitor

010388
Users Today : 432
Users Yesterday : 408
Users Last 7 days : 3487
Users Last 30 days : 10387
Users This Month : 9207
Users This Year : 10387
Total Users : 10388
Views Today : 677
Views Yesterday : 781
Views Last 7 days : 6443
Views Last 30 days : 18582
Views This Month : 16645
Views This Year : 18582
Total views : 18583
Who's Online : 2
Your IP Address : 34.204.183.113
Server Time : 2020-02-16

Rumah Yatim Cabang Mataram kembali menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana kepada para korban gempa yang menempati posko pengungsian, di Dusun Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (25/8). Bantuan disalurkan untuk meringankan duka para warga terdampak gempa karena kehilangan rumahnya akibat diguncang gempa.

Usai penyaluran di Kabupaten Lombok Utara dan Barat pada beberapa waktu lalu, kini Rumah Yatim tergerak untuk memerluas jangkauan bantuan ke lokasi lain yang terparah akibat gempa. Sejumlah bantuan logistik dan paket sembako telah disalurkan untuk memenuhi kebutuhan para korban.

Kepala Cabang Mataram, Amir Sumarna mengungkapkan. sebelumnya Rumah Yatim telah melakukan survei ke Dusun Sembalun pada beberapa hari yang lalu. Namun penyaluran sempat tertunda karena momen Idul Adha. Kendati demikian, setelah hari tasyrik, pihaknya bersama tim relawan lainnya kembali mendatangi daerah tersebut untuk melaksanakan penyaluran.

“Kita melanjutkan rencana yang telah survei sebelumnya, dikarenakan ada qurban jadi dipending dulu. Jadi tugas kita (Rumah Yatim) harus sampai menyalurkan bantuan ini, karena ini amanat,” jelasnya, Minggu (26/8).

Sejumlah bantuan berupa toren air, terpal, tikar, selimut, handuk, pakaian layak pakai, paket MCK, obat-obatan, 94 paket peralatan kebutuhan bayi dan 150 paket sembako telah diterima oleh para korban, untuk melengkapi kebutuhan para warga yang sedang mengalami banyak kekurangan pasca gempa. Terlebih di daerah tersebut berhawa dingin karena lokasi di kelilingi oleh perbukitan dan pegunungan.

Menurut Amir, Dusun Sembalun merupakan salah satu wilayah terparah akibat gempa di Kabupaten Lombok Timur. Hampir semua bangunan runtuh dan rata dengan tanah. Selain itu, aktivitas para warga pun menjadi lumpuh total.

“Kondisi wilayah Sembalun semuanya bangunan rata dengan tanah, masjid hancur, daerahnya dikelilingi bukit dan pegunungan. Jadi ketika gempa ada suara bergemuruh, dari bukit,” ungkapnya.

Ia berharap, bantuan ini bisa disalurkan secara terus menerus kepada korban gempa di Kabupaten Lombok dan sekitarnya, hingga kondisi warga dan wilayah kembali normal. Mengingat keterbatasan bahan bantuan yang ada di asrama telah habis disalurkan ke seluruh wilayah terdampak gempa.

“Sebetulnya kita ingin membantu sampai kondisi mereka kembali beraktivitas, karena di sini aktivitas lumpuh, bisa membantu berkepanjangan. Di samping itu, kita ingin sekali membantu rumah-rumah yang hancur,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Powered by

Send this to a friend