Pasokan Bantuan di Lombok Berkurang, Rumah Yatim Kembali Beri Bantuan

Masa pemulihan pasca gempa, pasokan bahan bantuan di lokasi bencana Lombok dan sekitarnya mulai berkurang. Puluhan bantuan sembako dan logistik telah disalurkan Rumah Yatim Cabang Mataram kepada masyarakat terdampak gempa, di Dusun Gubuk Baru, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Kamis (4/10).

Bantuan disalurkan untuk bantu meringankan beban masyarakat yang tengah mengalami kekurangan bahan pangan dan sarana MCK.

Relawan Rumah Yatim Cabang Mataram, Salma Hasanah menyebutkan, bantuan yang didistribusikan kepada warga, berupa 62 paket sembako, paket sarana MCK, perlengkapan sekolah, perlengkapan kebutuhan bayi, popok lansia dan kerudung. Bantuan tersebut disambut antusias oleh puluhan warga lainnya.

“Alhamdulillah kami kembali menyalurkan bantuan gempa bumi ke daerah itu,” imbuhnya saat dihubungi, Jumat (5/10).

Menurut pantauannya di lapangan, kondisi di daerah tersebut sangat memprihatinkan, karena tidak adanya pusat sarana air bersih sebagai sarana kebutuhan sehari-hari. Sumber mata air yang tertimbun reruntuhan saat gempa, membuat warga tidak bisa mandi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Minimnya sarana air bersih ini, warga setempat berharap kepada Rumah Yatim untuk bantu dibuatkan sumur bor dekat mushola darurat yang dibuat warga. Saat ini warga yang tinggal di pengungsian mulai menata kembali kehidupannya dengan memperbaiki rumahnya yang telah menjadi puing-puing bangunan.

“Memang gempa sudah berakhir, namun infrastruktur di sana belum kembali normal, kehadiran kita di sana disambut dengan sangat senang,” ungkapnya.

Salma berharap, lebih banyak donatur lagi yang peduli terhadap korban gempa Lombok, walaupun gempa sudah berakhir, namun masyarakat terdampak gempa tetap membutuhkan uluran tangan yang banyak untuk menata kembali kehidupannya di masa pemulihan pasca gempa ini.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend