Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pesantren Riyadul Mubtadiin Lebak


Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Riyadul Mubtadiin telah dilakukan Rumah Yatim di Desa Muncangkopong, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Kamis (6/9). Pesantren tersebut merupakan salah satu pusat pendidikan agama yang ada di daerah itu.

Relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Ali Ridwan mengatakan, pesantren tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. Terutama dari bangunan fisik tempat para santri melangsungkan pembelajaran dan tidur. Bangunan awal, kata dia, hanya terbuat dari bambu dan bilik serta kayu yang sudah rapuh.

“Alhamdulillah ini merupakan program lanjutan dari kegiatan sebelumnya, dan kami bisa merealisasikan keinginan dan harapan para santri di sini,” tutur Ali.

Hingga saat ini pesantres Riyadul Mubtadiin memiliki 30 santri yang mukim dan belajar memperdalam ilmu agama. Namun di sisi lain, tidak kurang dari 50 santri seluruhnya merupakan anak didik yang nonmukim.

“Santri cukup banyak ada yang netap dan ‘ngalong’ (nonmukim),” ujarnya.

Ia berharap, dengan pembangunan pesantren yang berjalan dari hari ini tersebut bisa meningkatkan pembelajaran para santri. Terutama bisa memberikan kepercayaan lebih kepada masyarakat sekitar dengan menitipkan anak-anaknya. Agar kelak, menurut Ali, bisa menjadi generasi yang berakidah dan berakhlak baik dengan landasan agama.

“Harapan kami agar pesantren ini bisa meningkatkan kegiatan belajarnya agar lebih nyaman,” tuntasnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend