Pencari Kayu Bakar di Kabupaten Lebak Terima Bantuan Biaya Hidup

Beberapa hari kemarin, tim relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek merealisasikan program di Provinsi Banten. Sejumlah kabupaten didatangi dan diberikan bantuan. Kegiatan ini juga mengawali tahun baru Islam 1440 hijriah. Bahkan, lewat program tersebut masyarakat prasejahtera bisa merasakan manfaat.

Program yang direalisasikan ialah bantuan biaya hidup dan lainnya. Realisasi bantuan biaya hidup sendiri salah satunya menyasar masyarakat prasejahtera di Kampung Ciapus Cai, Desa Cihujan, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak.

Menurut pemaparan salah seorang relawan, Ridwan, di daerah yang saat ini menjadi binaan Rumah Yatim tersbeut belasan lansia terima bantuan. Sedikitnya ada 15 orang lansia prasejahtera yang bisa merasakan manfaat dari program tersebut.

“Rata-rata penerima bantuan itu bekerja mencari kayu bakar di hutan untuk dijual, sebagian juga ada yang serabutan lain,” kata Ridwan, saat dihubungi jurnalis Rumah Yatim, Jumat (14/9).

Selain itu, lokasi daerah yang jauh dari akses perkotaan membuat warga sekitar hanya mengandalkan hutan dan pesawahan. Bahkan, seluruh penerima yang mayoritas lansia itu ada yang sudah tidak bisa bekarja. Di sisi lain, kata Ridwan, beberapa dari penerima hanya tinggal sendiri di rumah bilik sederhana.

“Kita juga di sini (Ciapus Cai) memberikan langsung bantuannya ke rumah-rumah,” tuturnya.

Ia berharap, bantuan yang diberikan Rumah Yatim bisa meringankan beban ekonomi harian masyarakat. Selain itu, bantuan serupa juga direalisasi di Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang. Sejumlah program juga turut direalisasikan tim relawan di tiga kabupaten tersebut. Seperti bantuan kitab, bantuan renovasi masjid, bazar gratis, dan santunan dai.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend