Pendidikan Karakter Sebagai Pondasi Akhlakul Karimah Siswa SD El Fitra

SD El Fitra mengenalkan pendidikan karakter bagi para peserta didik dalam kegiatan matrikulasi. Hal ini dilaksanakan selama satu minggu di SD El Fitra, Jalan Cibodas Raya, No. 49, Antapani, Kota Bandung. Pengenalan ini sebagai pondasi awal yang kuat dalam pembentukan karakter anak.

Kepala SD El Fitra, Erly Savitri mengungkapkan, matrukulai selama satu minggu ini lebih ditekankan pada pembentukan karakter seorang muslim. Bukan hanya mengenalkan, para siswa juga diajarkan untuk berperilaku yang baik. Antara lain, adab kepedulian terhadap teman yang membutuhkan bantuan, adab kepedulian terhadap lingkungan, guru, orangtua, dan sesama manusia lainnya.

“Karakter yang sudah kita kenalkan di matrikulasi bisa kita kuatkan di pembelajaran setiap hari. Jadi memang supaya pondasi awalnya sudah kuat. Nanti ke depannya kita tinggal memupuknya,” papar Erly, saat ditemui Kamis (19/7).

Sedangkan, kurikulum dari Dinas Pendidikan (Disdik), sambung dia, akan lebih ditonjolkan pada karakter anak. Sehingga penguatan pendidikan karakter siswa akan sinkron dengan kurikulum dari Disdik, agar tidak ada perbedaan.

Kemudian matrikulasi ini dibedakan berdasarkan tingkatan usia dan kelas. Jika kelas satu lebih kepada pengenalan dasar, peralihan dari TK ke SD. Karena di lingkungan sekolah yang baru ini, mulai dipersiapkan menjadi pribadi yang mandiri, adab sopan santun, termasuk penguatan motorik halus dan motorik kasar.

“Kita kuatkan dulu, ditambah lagi akademik, supaya nanti pembelajaran sudah dimulai, anak dapat lebih siap,” katanya.

Sedangkan, untuk kelas dua sampai enam, pengenalan dasar sudah tinggal diajarkan kembali serta penerapannya. Ia berharap, dapat mencetak ilmuwan muslim yang berakhlak mulia serta berpengetahuan yang luas.

 

Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-07-20 15:03:28

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend