Pengajar IIB Darmajaya Bekali Anak Asuh Rumah Yatim Keterampilan Menjahit

Sejumlah pengajar dari Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengadakan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Menjahit bagi anak asuh Rumah Yatim Tanjung Karang. Pelatihan menjahit dilakukan di Asrama Tanjung Karang, Jalan Wolter Monginsidi No. 45, Gotong Royong, Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung, Sabtu (20/7).

Menurut Ketua Kegiatan, Ochi Marshella Febriani, pelatihan ini merupakan salah satu hasil dari bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diprogramkan Darmajaya. Ia juga tidak serta merta memberikan pelatihan kepada anak asuh. Akan tetapi mendatangkan narasumber yang kompeten dalam bidang menjahit itu sendiri.

“Ini pengabdian kepada masyarakat, salah satu hasil kegiatannya yang dilakukan adalah menjahit, dan kami pilih Rumah Yatim,” papar Ochi, saat diwawancarai jurnalis Rumah Yatim.

Ia mengungkapkan, pelatihan menjahit ini fokusnya untuk melatih keterampilan anak dan pengembangan softskillnya. Tujuannya ialah agar anak asuh Rumah Yatim tumbuh jiwa kewirausahaannya. Walaupun, kata dia, latar bekalang dan kepercayaan diri anak-anak cenderung kurang.

“Walaupun kita tahu kemampuan mereka, latar belakang mereka, cenderung membuat mereka tidak percaya diri, tapi dengan pelatihan ini mereka bisa lebih percaya diri bisa mengembangkan diri,” jelasnya.

Ia juga berharap, lewat kegiatan pelatihan menjahit ini anak asuh Rumah Yatim bisa memiliki penghasilan sendiri. Karena harapannya, ada keuntungan bagi setiap anak. Namun demikian, kata Ochi, hal utama yang ingin dibentuk ialah menumbuhkan karakternya, agar lebih percaya diri dan adanya jiwa teknopreneur.

“Sehingga bisa menambah pemasukan mereka, jadi sebenarnya untuk bangun jiwa karakter buldingnya lebih percaya diri, terus adanya jiwa teknopreneur pastinya,” tuntas Ochi.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend