Pengurus Asrama Mataram Motivasi Anak Asuh Agar Tetap Semangat

Gempa susulan terus mengguncang kawasan Lombok dan sekitarnya hingga membuat sejumlah warga merasakan trauma mendalam. Lain halnya dengan anak asuh Rumah Yatim Cabang Mataram, meski masih tinggal di pengungsian, mereka tetap menunjukan keceriaan dan semangatnya.

Setiap hari para pengurus asrama memberikan stimulus berupa motivasi kepada anak asuh ketika menghadapi musibah agar tetap kuat dan sabar serta tetap melanjutkan aktivitas seperti biasanya. Salma Hasanah selaku pengurus asrama mengungkapkan ketika sore hari anak asuh menjalani kegiatan tarbiyah dan motivasi dalam kondisi bertubi-tubi diguncang gempa.

“Sore tarbiyah sama motivasi dalam kondisi gini, gimanapun harus tetep semangat, aktivitas harus terus berjalan, karena jangan sampai karena gempa, jadi gak mau belajar,” ungkapnya, saat dihubungi Jumat (24/8).

Meski kegiatan sekolah sedang diliburkan pemerintah setempat, karena banyak bangunan rusak akibat gempa. Menurutnya, anak asuh tidak boleh bermalas-malasan. Dibiarkan bermain namun dalam batas yang wajar.

Setelah magrib, kata dia, dilanjut dengan murojaah hafalan. Namun karena kondisi yang berbeda, maka target hafalan dikurangi. Selain itu, sambung dia, di sela-sela kegiatan harus disertai motivasi, tujuannya untuk menanamkan pada anak agar dalam kondisi seburuk apapun, anak asuh harus tetap mengingat Allah dan menyertai Allah dalam setiap kegiatan.

“Alhamdulillah anak-anak selalu ceria, kita harus bisa mengondisikan anak, agar kegiatan tetap berjalan, piket kebersihan, olahraga atau kegiatan rutin lainnya, gak ada yang beda, cuma kita di lapangan basket,” terangnya.

Menurut Salma, hikmah di balik musibah tersebut menyadarkan betapa lemahnya manusia di hadapan Sang Pencipta. Betapa kecilnya manusia atas kekuasaan Allah yang bisa menggetarkan bumi dalam beberapa detik saja sudah betapa dahsyat dampaknya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend