Pengurus Asrama Mataram Motivasi Anak Asuh Cintai Quran

Mencintai Alquran merupakan hal yang perlu ditanamkan bagi seorang muslim. Kendati demikian, pengurus asrama Rumah Yatim Mataram beri motivasi anak asuh untuk selalu mencintai mengaji Alquran. Hal ini dilakukan agar anak-anak memahami hal positif dari mengaji yang dapat meningkatkan daya nalar menjadi lebih baik.

Bertempat di Asrama Mataram, Salma Hasanah selaku pengurus asrama mengungkapkan, usai menjalani rutinitas dari pagi hingga sore, tanpa aba-aba anak asuh sudah memiliki kesadaran untuk melakukan tadarus. Karena dari tadarus ini, kata dia, nantinya akan dihafal dan di muroja’ah kepada Pendkes Asrama.

“Alhamdulillah, sekarang udah nggak disuruh lagi, setiap pulang sekolah, beres MCK, makan, mereka sadar sendiri. Karena gini, kita beri tahu, ‘jika kamu tidak hafal, kamu mau jadi apa ?’,” ungkapnya.

Menurutnya, pihak asrama juga terus berupaya memotivasi anak asuh agar rajin membaca Alquran. Tadarus yang dilakukan bukan hanya sekedar mengaji, tetapi mengkaji makna dari setiap ayat yang dibaca. Dari yang mereka baca itu, agar anak asuh juga memahami isi kandungan yang ada di dalam Alquran.

Lebih lanjut ia menerangkan, awalnya hal ini berat dilakukan oleh anak-anak, tidak ada yang senang dan hanya sekedar menjalankan kewajiban. Namun hal itu tetap terus diterapkan agar timbul kesadaran dari diri anak untuk mulai mencintai hal asing, yang nantinya akan membawa sebuah kebaikan bagi dirinya.

“Kenapa seperti itu, supaya timbul kesadaran, ya memang awalnya berat. Setelah itu kita terapkan yang awalnya beda, kini sudah mencintai sesuatu yang asing,” jelasnya.

Salma berharap, anak asuh dapat menjadi generasi Qurani dan Rabbani yang memahami arti dari kehidupan ini, untuk mencapai kemuliaan di hadapan Allah SWT.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend