Pengurus Asrama Pekanbaru Ajarkan Anak Asuh Praktik Wudhu dan Shalat

Anak asuh adalah amanah bagi para pengurus Rumah Yatim. Maka, mendidik mereka merupakan kewajiban para pengurus untuk melaksanakan amanah tersebut. Terlebih khusus mendidik anak asuh untuk shalat, karena ada perintah langsung dari Rasulullah untuk memerintahkan anak shalat.

Rasulullah SAW bersabda, “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat saat berumur tujuh tahun dan pukul lah mereka jika tidak shalat saat berumur sepuluh tahun, dan pisahkanlah mereka dalam tempat tidur.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud II/167).

Untuk memerintah anak asuh shalat, terlebih dahulu para pengurus mesti mengajarinya terlebih dahulu. Seperti yang dilakukan pengurus Rumah Yatim Cabang Pekanbaru, untuk memastikan bacaan dan gerakan shalat serta wudhu anak asuh benar sesuai rukunnya. Maka mereka mengajarkan anak asuh untuk praktik wudhu dan shalat.

“Shalat tanpa wudhu tidak sah. Keduanya saling berkaitan dan tidak boleh ditinggalkan. Oleh karena itu, selain mengajarkan praktik shalat, kami pun mengajarkan mereka praktik wudhu,” kata Kepala Asrama Rumah Yatim Pekanbaru, Ramdhan, Kamis (19/7).

Praktik ini dilakukan pada Rabu (18/7) pukul 21.00 sampai 22.00. Setiap anak asuh di tes untuk mempraktikan shalat dan wudhu beserta bacaannya secara jelas. Jika ada kesalahan, maka para pengurus langsung memperbaikinya.

Menurut Ramdhan, kegiatan ini dilakukan setiap tiga bulan sekali. Kegiatan ini dilakukan supaya gerakan sert bacaan wudhu dan shalat anak asuh semakin baik.

“Alhamdulillah hasil praktiknya bagus-bagus, meskipun belum sempurna semua tapi setidaknya ada perubahan,” ujarnya.

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-07-19 12:45:31

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend