Pengurus Asrama Pekanbaru Biasakan Anak Asuh Shalat Tahajud

Banyak upaya dilakukan para pengurus asrama agar anak asuhnya melaksanakan shalat sunah tahajud ini. Seperti yang dilakukan Ramdhan Burhanuddin selaku Kepala Cabang Rumah Yatim Pekanbaru ini menerapkan program shalat tahajud berjamaah.

“Sebenarnya shalat tahajud itu sebaiknya dilakukan secara pribadi atau sendiri-sendiri. Namun sebagai bentuk pembelajaran dan pembiasaan, jadinya shalat tahajud dilakukan secara berjamaah,” ujarnya, Kamis (15/11).
Ia pun mengatakan, jika anak asuhnya tampak lebih bersemangat jika shalat tahajud dilakukan dengan berjamaah.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk melatih anak asuh menjadi imam. “Kami melakukan ini supaya mereka terbiasa dan percaya diri jika disuruh jadi imam di tempat lain. Makanya yang menjadi imamnya bergiliran. Di samping itu juga untuk mempertahankan hafalan Alquran anak. Karena setiap surat yg dibacakan di haruskan yang sudah dihafal,” papar Ramdhan.

Jika anak asuh sudah terbiasa melakukan shalat tahajud, maka ia akan membimbing mereka untuk melaksanakan shalat tahajud sendiri-sendiri.

“Insya Allah jika mereka sudah membiasakan shalat tahajud tanpa harus dibangunkan, saya akan membimbing mereka untuk shalat tahajud secara pribadi. Mohon doanya semoga anak-anak istiqomah dalam menjalankannya,” tutup Ramdhan.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend