Penuhi Kebutuhan Kebersihan dan Kesehatan Korban Banjir di Puusuli Konawe Utara

Pasca bencana, korban banjir Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, mulai krisis sejumlah perlengkapan. Salah satunya membutuhan peralatan kebersihan dan kesehatan yang menjadi hal penting diperlukan saat ini. Untuk menanggulangi hal tersebut, Rumah Yatim menyalurkan bantuan perlengkapan kebersihan dan kesehatan bagi para korban, Selasa (25/6).

Bantuan itu disalurkan bagi korban banjir bandang yang berada di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara. Di desa tersebut masih terdapat masyarakat korban banjir yang bertahan. Karena sebagian kecil rumah warga masih bisa ditempati. Namun, mayoritas di antaranya hanyut terseret arus banjir.

“Mereka sangat bahagia dapat bantuan ini, karena untuk membersihkan sisa banjir dan kebutuhan kesehatannya pula. Apalagi di sini cukup banyak anak-anak kecil,” papar Deni.

Ia mengungkapkan, setibanya di lokasi ia disambut oleh belasan anak dan masyarakat sekitar. Sapaan khas dan senyum yang melekat dari masyarakat begitu terasa saat sampai di tanah yang saat ini masih berduka tersebut.

Bantuan peralatan kebersihan ini, sambungnya, diharapkan bisa menunjang kebutuhan masyarakat. Terutama bagi kesehatan dan kebersihan untuk anak-anak. Apalagi, dari informasi sejumlah peralatan telah hilang tersapu banjir.

“Kami utamakan kesehatannya pula, selain kami juga memberikan bantuan logistik dan sembakonya,” ujarnya.

Desa Puusili sendiri hanya satu dari belasan desa yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Konawe Utara. Hingga saat ini, ratusan kepala keluarga masih bertahan di sejumlah pengungsian sementara dan sisa rumah yang tidak terbawa arus banjir. Sejumlah kebutuhan masih sangat dibutuhkan untuk para korban tersebut.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend