Pererat Tali Silaturahmi dengan Anak Nonmukim Lewat Lomba Kemerdekaan

Keseruan memperingati hari kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia terasa di lingkungan Asrama Rumah Yatim Cinere, Jalan Karang Tengah No. 69 Cilandak, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (17/8). Sejumlah perlombaan diadakan dalam semarak kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini juga melibatkan anak asuh nonmukim. Sedikitnya 35 anak dan pengasuh asrama terlibat dalam rangkaian kegiatan periangatan hari kemerdekaan. Sejumlah jenis perlombaan yang familiar diadakan dan dipertandingkan. Anak-anak dengan antusias juga saling bersaing dan bersua.

Menurut pemaparan Kepala Asrama Rumah Yatim Cinere, Imanudin, terlibatnya anak asuh nonmukim untuk memangkas jarak antar keduanya. Agar, anak asuh mukim dan nonmukim bisa saling bersilaturahmi dengan erat. Apalagi, di usia yang sedang dalam masa pertumbuhan saat ini. Di samping itu, kata dia, perlombaan yang diadakan lebih banyak mengandalkan kemampuan kerjasama tim.

“Supaya menumbuhkan rasa persaudaraan, tidak ada batasan,” ujar Imanudin.

Ia menambahkan, anak asuhnya lebur dalam keceriaan bersama anak-anak sebaya yang lain. Bahkan, keceriaan tersebut terasa saat keduanya saling bersaing untuk menjadi juara dalam perlombaan. Kegiatan ini juga, merupakan bagian dari bentuk rehat dalam jenuhnya padat aktivitas harian asrama maupun sekolah formal.

Ia berharap, di momen perayaan kemerdekaan ini anak asuhnya bisa memaknai dengan lebih berbeda. Bahkan lewat sejumlah lomba yang mengandalkan kemampuan tim, bisa mendidik anak untuk dewasa dan kerjasama dengan baik. Di sisi lain, ia berharap agar anak asuhnya bisa terus memaknai kemerdekaan dengan penuh semangat.

“Supaya generasi selanjutnya bisa menjaga hal yang sudah merdeka ini,” tuturnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat