Petugas Kebersihan Kota Mataram Terima Paket Sembako Rumah Yatim

Biasa disebut pasukan kuning, ialah pahlawan kebersihan atau petugas yang setiap hari membersihkan jalanan Kota Mataram dengan senjatanya. Senjata tersebut berupa sapu, pengki dan gerobak. Atas kerja keras mereka, Rumah Yatim memberikan penghargaan berupa santunan sembako kepada Pastikan kuning yang sudah berjasa membuat Kota Mataram bersih dan indah.

“Santunan ini sebagai bentuk kepedulian dan juga apresiasi untuk mereka yang sudah bekerja keras membersihkan Kota Mataram, khususnya daerah Catra,” papar Kepala Cabang Rumah Yatim NTB, Amir Sumarna.

Pada Kamis (12/7), pasukan kuning dikumpulkan di Aula Dinas Lingkungan Hidup untuk diberikan santunan sembako. Sebanyak 76 orang hadir dengan seragam kuning mereka. Tampaknya mereka senang dengan santunan tersebut, karena sedikitnya membantu mereka yang hanya berpenghasilan sekitar 300 ribu perbulan itu. Hal itu pun diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup yang berterima kasih atas perhatian Rumah Yatim.

“Terima kasih banyak atas kepedulian Rumah Yatim kepada petugas kebersihan kami,” jelasnya dalam sambutan.

Amir mengakui, agar penyaluran dapat tepat sasaran, dirinya bekerjasama dengan instansi terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup yang lebih tahu kondisi mereka. Dari data yang terpilih, adalah petugas kebersihan yang bekerja setiap pagi dan sore menggunakan gerobak. Mereka bukan pegawai negeri sipil, melainkan pegawai honorer atau buruh lepas yang sekali-kali dapat kehilangan pekerjaan. Agar kesehariannya cukup, biasanya mereka mengumpulkan rongsokan. Dari situlah mereka mendapatkan uang lebih untuk kehidupan sehari-harinya.

Menurut Amir, sebenarnya Rumah Yatim sudah menyediakan 200 paket sembako untuk disalurkan tapi data yang didapat hanya 76 orang. Oleh sebab itu, Amir berencana akan menyalurkan sisanya pada mustahik lain. Salah satunya adalah pengendara bemo yang akan disalurkan pada Jumat (13/7).

“Insya Allah besok kita akan mengumpulkan pengendara bemo untuk santunan sembako,” ungkapnya.

 

Di tulis oleh : Enuy Nurhayati Pada tanggal 2018-07-12 20:11:49

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend